PENERAPAN MODUL TRANSMISI OTOMATIS UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI MEMELIHARA TRANSMISI PADA SISWA SMK KELAS XI-TKR DI SMK ATTANWIR BOJONEGORO

  • M.TAUFIQUR ROHMAN

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah adanya hambatan terhadap kegiatan mengajar  tentang sistem transmisi otomatis pada kompetensi memelihara transmisi, karena (1) kurangnya pengetahuan siswa tentang transmisi otomatis mobil, (2) belum adanya buku pegangan untuk siswa belajar mandiri mengenai transmisi otomatis mobil, (3) belum adanya bahan ajar dalam bentuk modul yang sistematis pada mata pelajaran sistem transmisi otomatis, (4) hasil belajar siswa kurang maksimal, ketuntasan klasikal masih dibawah 70%.Desain penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) mengacu pada model yang dikembangkan oleh Kemmis dan MC Taggart, yang dilaksanakan di kelas XI-TKR SMK ATTANWIR Bojonegoro tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 34 siswa.Variabel dalam penelitian ini adalah aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar pengamatan aktivitas siswa dan lembar soal tes, diaplikasikan dalam bentuk instrumen penelitian.Indikator keberhasilan hasil belajar siswajika siswa dapat mencapai ketuntasan individu ≥ 75, serta ketuntasan klasiklal >80%.Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penerapan modul transmisi otomatis pada kompetensi memelihara transmisi dapat meningkatkan aktivitas siswa, dimana pada siklus I dengan presentase 69,44%, sedangkan pada siklus II mencapai 87,5%, sehingga terjadi peningkatan sebesar 18,06%. Penerapan  modul transmisi juga meningkatkan hasil belajar siswa, pada siklus I ketuntasan individu diperoleh dengan nilai  rata-rata 79,16, ketuntasan klasikal menunjukan presentase 70,58%, sedangkan pada siklus II ketuntasan individu mencapai nilai rata-rata 82,2, ketuntasan klasikal menunjukkan presentase 82,35%.

Kata kunci: Modul Pembelajaran, PTK, Kompetensi Memelihara Transmisi

Published
2016-07-27
Abstract Views: 26
PDF Downloads: 21