PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN SISTEM PENGAPIAN CDI UNTUK MENINGKATKAN KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN SISWA KELAS XII TSM PADA MATA DIKLAT PERBAIKAN SISTEM PENGAPIAN DI SMKN 1 NGANJUK

  • NANANG DWI SETIYAWAN

Abstract

Meningkatkan efektivitas belajar dapat dilakukan dengan memilih perangkat pembelajaran yang sesuai, karena untuk mencapai keefektivitasan pembelajaran pengajar harus mampu melihat kebutuhan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul sistem pengapian CDI-DC yang layak digunakan pada pembelajaran sistem pengapian sepeda motor untuk siswa kelas XII jurusan TSM di SMKN 1 Nganjuk. Metode penelitian yang digunakan mengadopsi model pengembangan 4 D yang terdiri atas empat tahap, yaitu; pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Setiap tahap dalam penelitian pengembangan modul ini divalidasi oleh validator ahli pada masing-masing aspek yang dimaksudkan untuk mendapatkan modul dengan kriteria penilaian layak. Penyebaran uji coba terbatas dimaksudkan untuk mengetahui tingkat respon siswa kelas XII TSM di SMKN 1 Nganjuk. Penilaian modul sistem Pengapian CDI-DC oleh ahli desain sebesar 75,1%, ahli isi 70,83% dan ahli bahasa 71,4%, serta oleh guru SMKN 1 Nganjuk  sebesar 96,35%. Hasil nilai tersebut menurut Skala Likert, menunjukkan kriteria modul yang dihasilkan adalah layak dan dapat digunakan sebagai media belajar sistem pengapian CDI-DC. Efektifitas modul terlihat dari uji coba terbatas terhadap 15 siswa kelas XII TSM yang memperoleh nilai aktivitas siswa sebesar 79,76% dengan kriteria aktif, sedangkan aktivitas guru saat penilaian adalah sebesar 86,9% dengan kriteria sangat aktif. Berdasarkan perolehan data tersebut disimpulkan kualitas belajar siswa pada mata pelajaran sistem pengapian sepeda motor di kelas XII TSM SMKN 1 Nganjuk tahun pelajaran 2015/2016 telah meningkat.

Kata Kunci:  Modul, Sistem Pengapian CDI-DC, Efektifitas

Published
2016-07-28
Abstract Views: 41
PDF Downloads: 82