PENGARUH PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN KELAS XI DI SMK BUBUTAN SURABAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh proses pembelajaran menggunakan metode strategi Active Knowledge Sharing (AKS) terhadap hasil belajar siswa. Pembelajaran menggunakan metode AKS merupakan salah satu alternatif untuk mencapai hasil belajar siswa yang kurang maksimal pada standar kompetensi teknik kendaraan ringan.Sasaran penelitian yaitu siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan (TKR) di SMK Bubutan Surabaya tahun ajaran 2015/2016. Sampel yang diambil adalah 2 kelas TKR 1 sejumlah 30 siswa, dan TKR 2 sejumlah 30 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen, pengumpulan data diperoleh melalui soal tes setelah diberi pembelajaran AKS. Data dianalisis menggunakan uji t dengan bantuan software SPSS 17.Hasil nilai rerata ditunjukkan pada kelas yang diberi pembelajaran AKS adalah 82.00 dan kelas yang tidak diberi treatmen adalah 77.20. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa, ada perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran strategi AKS dengan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan pelajaran stategi AKS.
Kata Kunci : Strategi Active Knowledge Sharing dalam model pengajaran langsung, Hasil Belajar Siswa.
PDF Downloads: 40