IMPELEMENTASI PENDEKATAN ILMIAH (SCIENTIFIC APPROACH) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOLABORASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 5 SURABAYA

  • Adi Putra Marzedeck Daud

Abstract

Salah satu SMK Negeri di Jawa Timur yang menjadi Pilot Project pelaksanaan kurikulum 2013 adalah SMK Negeri 5 Surabaya dimana semua mata pelajaran diharuskan mengunakan pendekatan ilmiah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk : 1) Mengetahui bagaimana implementasi pendekatan ilmiah yang diterapkan oleh guru sesuai kurikulum 2013 pada kelas X TKR SMKN 5 Surabaya; 2) Mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar siswa kelas X TKR SMK Negeri 5  Surabaya; 3) Mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan kolaborasi siswa kelas X TKR SMK Negeri 5 Surabaya. Jenis penelitian deskriptif kuantiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TKR SMK Negeri 5 Surabaya dengan jumlah siswa sebanyak 103 siswa. Analisis data untuk validasi perangkat pembelajaran menggunakan analisis deskriptif sedangkan analisis hasil belajar siswa untuk membedakan hasil belajar pada pre-test dan post-test menggunakan presentase hasil belajar. Hasil dalam penelitian ini disimpulkan bahwa : 1) Berdasarkan hasil analisis observasi kesiapan penerapan pendekatan ilmiah oleh guru pada mata pelajaran teknologi dasar otomotif materi Jacking, Blocking dan Lifting hasilnya bahwa guru “Sangat Siap” karena guru mampu melaksanakan proses belajar sesuai dengan RPP; 2) Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dapat diketahui dari hasil nilai Post-test lebih besar dari Pre-test; 3) Hasil analisis data angket dan observasi kemampuan kolaborasi siswa mengalami peningkatan setelah penyampaian materi diketahui dari hasil angket dan observasi akhir lebih besar dari hasil angket dan observasi awal.  

Kata kunci : Pendekatan ilmiah, hasil belajar dan kemampuan kolaborasi.           

Published
2016-08-27
Abstract Views: 83
PDF Downloads: 96