IMPLEMENTASI PENDEKATAN ILMIAH (SCIENTIFIC APPROACH) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 5 SURABAYA

  • Muhammad Hafiluddin

Abstract

SMK Negeri 5 Surabaya adalah salah satu sekolah kejuruan di Jawa Timur yang menjadi Pilot Project pelaksanaan kruikulum 2013. Semua mata pelajaran diajarkan dengan menerapkan pendekatan ilmiah. Tujuan penelitian ini adalah untuk : 1) Mengetahui bagaimana implementasi pendekatan ilmiah ditinjau dari kesiapan guru dan sarana prasarana; 2) Mengetahui bagaimana hasil belajar siswa setelah menggunakan pendekatan ilmiah; 3) Mengetahui bagaimana kemampuan komunikasi siswa kelas setelah menggunakan pendekatan ilmiah pada mata pelajaran Teknologi Dasar Otomotif materi service literature utilitize. Jenis penelitian ini deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian dalam penelitian ini siswa kelas X TKR SMK Negeri 5 Surabaya yang berjumlah 103 siswa. Analisis data untuk implementasi menggunakan lembar observasi, hasil belajar dengan pre-test dan post-test dan untuk mengetahui kemampuan komunikasi menggunakan lembar observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa : 1) Kesiapan guru dalam penerapan pendekatan ilmiah mata pelajaran teknologi dasar otomotif materi service literature utilitize menunjukkan sangat siap melaksanakan pendekatan ilmiah yang ditunjang dengan sarana prasarana yang lengkap; 2) Hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan, ditinjau hasil rerata nilai post-test lebih tinggi dari hasil rerata nilai pre-test; 3) Kemampuan komunikasi siswa menunjukkan kategori baik disebabkan  pembelajaran guru menggunakan pendekatan ilmiah sesuai RPP.

Kata kunci : Pendekatan ilmiah, hasil belajar dan kemampuan komunikasi.         

Published
2016-09-23
Abstract Views: 24
PDF Downloads: 45