PENGARUH PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATA KULIAH FISIKA TEKNIK UNTUK MAHASISWA TEKNIK MESIN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

  • abduh arif nurfaqih arrobbani

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui1) Mengetahui kelayakan aplikasi berbasis android sebagai media belajar mata kuliah fisika teknik pada sub – bab kinematika gerak . 2) Mengetahui respon mahasiswa terhadap penggunaan aplikasi berbasis android pada proses belajar mengajar mata kuliah fisika teknik pada sub – bab kinematika gerak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dan analisis hasil belajar menggunakan jenis penelitian pengembangan. Sampel populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 20 mahasiswa jurusan teknik mesin. Analisis data untuk validasi perangkat pembelajaran menggunakan analisis deskriptif sedangkan analisis hasil belajar siswa untuk membedakan hasil belajar pada pre-test dan post-test digunakan uji-t dengan metode Paired-sample t-Test. Hasil dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : (1) Berdasarkan hasil analisis uji-t dengan metode Paired-sample t-Test menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar antara pre-test dan post-test. Mengalami peningkatan hasil belajar sebesar 11,5%  (2) Respon siswa terhadap penggunaan dan kelayakan aplikasi fisika teknik ini memperoleh prosentase sebesar 90,83% dinyatakan dengan keterangan sangat setuju.

Kata Kunci:Media Pembelajaran, Aplikasi Android, Fisika Teknik             

Abstract

This study aims to determine 1) Determine the feasibility of android-based application as a learning medium engineering physics course in sub - section kinematics motion. 2) Knowing the response of students to use android based applications in teaching and learning process engineering physics course in sub - section kinematics motion. This study uses research and development and analysis of learning outcomes using this type of research development. Sample population used in this study were 20 students majoring in mechanical engineering. Analysis of the data for validation of the learning device using descriptive analysis, while analysis of the results of student learning to differentiate the learning outcomes in the pre-test and post-test used t-test method Paired-sample t-test. The results of this research can be concluded that: (1) Based on the analysis of the t-test method Paired-sample t-test showed that there are differences in learning outcomes between pre-test and post-test. Increasing learning outcomes by 11.5% (2) The response of students to the use and feasibility of application of this technique physics obtain a percentage of 90.83% stated strongly agree with the statement.

Keywords: Learning Media, Android Apps, Physics Engineering

 

Published
2016-10-17
Abstract Views: 62
PDF Downloads: 125