PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PADA MATERI WORKSHOP EQUIPMENT SISWA KELAS X TKR 1 SMK NEGERI 1 SIDOARJO

  • M. KHULUQIN ADHIM

Abstract

Abstrak

Penelitian tindakan ini diawali dari temuan masalah yang terjadi di kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan suatu model pembelajaran yang bisa meningkatkan hasil belajar peserta didik. Desain penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan pada kelas X TKR 1 SMK Negeri 1 Sidoarjo tahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah 34 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes individu dan observasi yang diaplikasikan dalam bentuk instrumen penelitian. Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan ketuntasan klasikal dari 64,71 % pada siklus I menjadi 82,35 % pada siklus II.

Kata kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe TAI, hasil belajar

Abstract

This action research started from the findings of a problem that occurs in the classroom. The purpose of this study was to implement a model of learning that can improve the learning outcomes of students. The design study is classroom action research (PTK) are implemented on a class X TKR 1 SMK Negeri 1 Sidoarjo in the academic year 2016/2017 with the number of 34 learners. Data collection techniques used are the individual tests and observation which is applied in the form of research instruments. From the data analysis it can be concluded that by applying TAI type of cooperative learning model can improve learning outcomes of students with classical completeness of 64.71% in the first cycle to 82.35% in the second cycle.

Keywords: TAI type of cooperative learning model, learning outcomes

 

Published
2016-12-20
Abstract Views: 28
PDF Downloads: 35