PENERAPAN MODUL OIL COOLER TRAINER BERBASIS SAINTIFIC LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PADA MATAKULIAH PERPINDAHAN PANAS MAHASISWA D3 TEKNIK MESIN UNESA

  • KEMAL RIZQI PRAKASA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar mahasiswa menggunakan Modul Oil Cooler Trainer berbasis Saintific Learning dengan model pembelajaran Guided Inquiry pada mata kuliah perpindahan panas. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan di kelas DA1 otomotif D3 Teknik Mesin UNESA pada semester genap dengan jumlah 31 mahasiswa yang memprogram mata kuliah perpindahan panas. Penelitian tindakan kelas dengan model pembelajaran Guided Inquiry menggunakan alur dua siklus pembelajaran. Instrumen yang digunakan peneliti adalah lembar pengamatan aktivitas dan latihan soal untuk mendapatkan hasil belajar yang maksimal. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode analisis aktivitas belajar mahasiswa dengan harapan pencapaian klasikal mencapai ≥ 80%. Dari analisis data hasil penelitian diketahui bahwa aktivitas belajar mahasiswa pada siklus I sebesar 64.92% dan meningkat menjadi 90.93% pada siklus II.

Kata kunci : Modul Oil Cooler Trainer, Penerapan Model Pembelajaran Guided Inquiry.

 

Abstract

This research aims to improve student learning activities using Module Oil Cooler Saintific-based Trainer Learning with a learning model of Guided Inquiry on heat transfer courses. This research is a research action class (penelitian tindakan kelas) that is implemented in class D3 in mechanical engineering automotive DA1 UNESA semester even with a total of 31 students who reprogrammed courses heat transfer. Research on the learning model with class action Guided Inquiry learning plot two cycles. The instruments used are observation sheet researcher activity and exercise matter to get the maximum learning. Data analysis technique used is a method of analysis of student learning activities with the hope of classical achievements reach ≥ 80%. Data analysis of the results of the research note that the learning activities of students in cycle I of 64.92% and rose to 90.93% in cycle II.

Keywords: Oil Cooler Trainer Module, Application of Learning Model of Guided Inquiry.

 

Published
2017-01-03
Abstract Views: 35
PDF Downloads: 37