Pengembangan Modul Pembelajaran Sistem Pendingin Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Mesin Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI TKR SMKN 3 Buduran Sidoarjo.

  • Bintang Cahya Pratama Santoso

Abstract

Abstrak

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) yang pesat yang menuntut setiap individu untuk ikut serta didalamnya,sehingga banyak upaya yang dilakukan untuk mengiringi perkembangan untuk menngkatkan kualitas pembelajaran, salah satunya dengan pengembangan media pembelajaran berupa modul. Tujuan pengembangan ini adalah untuk meningkatkan modul pembelajaran yang layak dan untuk mengetahui peningkatan rata-rata hasil belajar siswa.

Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4D. Prosedur yang dilakukan adalah mendefinisi, merancang, mengembangkan, dan menyebarluaskan. Hasil validasi untuk kelayakan modul pembelajaran perawatan sistem pendingin mesin memiliki kategori sangat valid. Rerata hasil belajar siswa sesudah menggunakan modul pembelajaran perawatan sistem pendingin mesin mengalami peningkatan dibandingkan dengan rerata hasil belajar sebelum diberikan pembelajaran menggunakan modul perawatan sistem pendingin.Rerata hasil respon siswa dengan kategori sangat baik.

Kata Kunci: modul perawatan sistem pendingin mesin, model pengembangan 4D.

 

Abstract

The development of science and technology (Science and Technology) were rapidly that requires every individual to participate in it, so a lot of efforts were made to accompany the development of the scaling up of the quality of learning, one of them with the development of instructional media in the form of modules. The purpose of this development is to improve the learning modules are feasible and to determine the average increase student learning outcomes.

This research is a research development with 4D development model. The procedure is done is define, design, develop, and disseminate. Validation results for the feasibility of the engine cooling engine maintenance learning module have a very valid category. The average of student learning outcomes after using the engine cooling system learning module has increased compared with the average of learning outcomes before being given learning using the cooling system maintenance module.
The average of student response result with very good category.

Keywords: modulemaintenanceof engine cooling system, development of 4D models.

Published
2017-05-11
Abstract Views: 56
PDF Downloads: 41