MODIFIKASI INTAKE MANIFOLD DENGAN VARIASI SUDUT PUTAR TERHADAP PERFORMA MESIN HONDA SUPRA X TAHUN 2002

  • FATKUR ROHMAN

Abstract

Abstrak

Banyaknya peminat sepeda motor sehingga industri mengembangkan kendaraan bermotor tersebut semakin baik lagi. Untuk mendapatkan daya atau power yang besar diperlukan campuran udara dan bahan bakar yang sempurna. Intake manifold merupakan bagian kendaraan tempat mengalirnya udara dan bahan bakar dari karburator menuju ruang pembakaran melalui  katup masuk. Untuk mendapatkan aliran turbulent diperlukan adanya modifikasi pada bagian mesin, salah satunya modifikasi pada intake manifold. Apabila aliran bahan bakar menjadi turbulent maka campuran bahan bakar menjadi homogen atau sempurna. Untuk itu dilakukan penelitian dengan mengubah lengkungan intake manifold dengan tujuan mengetahui seberapa besar pengaruh terhadap torsi, daya, konsumsi bahan bakar, dan tekanan efektif rata-rata. Penelitian yang dilakukan meliputi kelompok standar dengan sudut putar 00, kelompok eksperimen meliputi variasi ke-1 dengan sudut putar 1250 , variasi ke-2 dengan sudut putar 1500 dan variasi ke-3 dengan sudut putar 1750. Standar pengujian performa mesin adalah SAE J1349 dengan katup terbuka penuh. Pengujian menggunakan chasis dynamometer, fuel meter, rpm couter, oil temperature meter, dan 4 in 1 multi function enviroment meter.  Analisa data dilakukan dengan metode deskriptif dengan 3500-9000 rpm pada beban penuh   untuk mengetahui torsi, daya, konsumsi bahan bakar dan tekanan efektif rata-rata. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa menggunakan intake manifold variasi 125º, 150º, dan 175º dapat meningkatkan performa dan efisiensi Honda Supra X tahun 2002 dibandingkan menggunakan intake manifold standar. Peningkatan prosentase tertinggi rata-rata terjadi pada variasi 175º, dan mendapatkan hasil torsi sebesar 25,28%. Daya meningkat sebesar 23,9%, tekanan efektif rata-rata meningkat sebesar 25,20%. Sedangkan penurunan konsumsi bahan bakar terendah mengacu torsi, daya dan tekanan efektif rata-rata pada variasi 125º, dengan hasil penurunan konsumsi bahan bakar sebesar 15,65%.

Kata kunci: Intake manifold, performa mesin dan sudut putar

Abstract

The number of motorcycle enthusiasts so that the industry develops motor vehicles is getting better again. To get the power or power of the required mixture of air and fuel is perfect. The intake manifold is the part of the vehicle where the air and fuel flow from the carburetor go into the combustion chamber through the inlet valve. To get turbulent flow required a modification on the engine, one of the modifications on the intake manifold. If the fuel flow becomes turbulent then the fuel mixture becomes homogeneous or perfect. To do that research by changing the curve intake manifold with the aim of knowing how much influence on torque, power, fuel consumption, and average effective pressure. The study included a standard group with a rotation angle of 0º, the experimental group consisting of the 1st variation with 125º turn angle, the 2nd variation with the rotation angle 150º and the 3rd variation with 175º rotary angle. Standard engine performance testing is SAE J1349 with full open valve. Testing using chassis dynamometer, fuel meter, rpm couter, oil temperature meter, and 4 in 1 multi function enviroment meter. Data analysis was performed by descriptive method with 3500-9000 rpm at full load to know torque, power, fuel consumption and average effective pressure. The result data obtained in the table and displayed in graphical form is further described with simple sentences. Based on the results of the study, it was concluded that using intake manifold of 125º, 150º, and 175º variations can improve the performance of Honda Supra X engine in 2002. The highest average percentage increase occurred at 175º variation, and got the result of torque of 25.28%. Power increased by 23.9%, average effective pressure increased by 25.20%. While the lowest decrease in fuel consumption refers to torque, power and average effective pressure on 125º variation, with a decrease in fuel consumption by 15.65%. Keywords: Intake manifold, engine performance and turning angle
Published
2017-08-10
Abstract Views: 329
PDF Downloads: 215