MODIFIKASI INTAKE MANIFOLD DENGAN VARIASI SUDUT PUTAR TERHADAP EMISI GAS BUANG HONDA SUPRA X TAHUN 2002

  • KURNIAWAN SIGIT BAYU PRANOTO

Abstract

ABSTRAK

Dengan berkembangnya teknologi dan banyaknya penemuan-penemuan baru di berbagai sector bidang (pendidikan, teknologi, kesehatandan lain-lain) sangatlah berpengaruh terhadap kehidupan manusia. Tentang perkembangan teknologi otomotif dalam masyarakat sebagai alat transportasi, yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Namun dengan seiring berjalannya waktu penggunaan kendaraan bermotor oleh konsumen membuat emisi gas buang berbahaya bagi kesehatan manusia baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Salah satu untuk menurunkan emisi gas buang kendaraan bermotor adalah dengan melakukan eksperimen pada intake manifold, dengan memodifikasi variasi sudut putar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Modifikasi Intake Manifold Dengan Variasi Sudut Putar Terhadap Emisi Gas Buang  Supra X Tahun 2002. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen yang dilakukan dengan membandingkan kelompok standart (tanpa modifikasi dan intake manifold model variasi sudut), dengan variabel bebas dalam penelitian ini yaitu intake manifold model sudut putar 125°,150°,175°. Variabel terikat dalam penelitian ini yaitu kadar emisi gas buang (CO, CO2, dan HC), sedangkan variabel kontrol adalah putaran idle 1500 rpm hingga 9000 rpm dengan kelipatan 500 rpm. Pengumpulan data dilakukan dengan mengacu pada standar pengujian emisi gas buang SNI 19-7118.3-2005. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dihasilkan bahwa menggunakan intake manifold sudut putar dapat menurunkan emisi gas buang lebih baik dibandingkan dengan intake manifold standar pada sepeda motor Honda Supra X Tahun 2002. Penurunan CO dan HC secara signifikan terjadi pada intake manifold sudut putar 175° dengan presentase reduksi emisi CO rata- rata 10,46% , HC rata-rata 12,17% dan peningkatan CO2 rata-rata 24,01%.

Kata kunci: Modifikasi Intake Manifold, Sudut Putar, Emisi Gas Buang. 

 

ABSTRACT

With the development of technology and the many new discoveries in various sectors of the field (education, technology, health and others) is very influential on human life. About the development of automotive technology in society as a means of transportation, which is often used in everyday life. But with the passage of time the use of motor vehicles by consumers make exhaust emissions harmful to human health both in the short and long term. One to reduce exhaust emissions of motor vehicles is to conduct experiments on the intake manifold, by modifying the variation of the rotation angle. The purpose of this research is to know the Modification of Intake Manifold with Variation of Turning Angle on Supra X Gas Emission of Year 2002. This research is a kind of experimental research done by comparing standard group (without modification and intake manifold model of angle variation), with independent variable in research This is the intake manifold model turning angle 125°, 150°, 175°. The dependent variable in this research are the exhaust gas emission level (CO, CO2, and HC), while the control variable is idle round 1500 rpm up to 9000 rpm with multiples of 500 rpm. The data collection is done by referring to the standard of emission test of SNI 19-7118.3-2005. Based on the result of the research, it was found that using rotary angle intake manifold can lower the exhaust emission better than the standard intake manifold on Honda Supra X Motorcycle Year 2002. The decrease of CO and HC significantly occurred in the intake manifold of 175° rotation angle with reduction percentage CO emissions averaged 10.46%, HC averaged 12.17% and an average CO2 increase of 24.01%.

Keywords: Modified Intake Manifold, Rotate Angle, Exhaust Gas Emissions

Published
2017-08-10
Abstract Views: 67
PDF Downloads: 64