PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI)UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TEKNIK PEMESINANPADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI MEKANIK DI SMK KAL 1 SURABAYA

  • Ahmad AthoIllah

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil pengamatan peneliti bahwa guru masih menggunakan metode konvensional. Maka perlu dikembangkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dan aktivitas siswa setelah melalui pembelajaran dengan metode Problem Based Instruction. Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas (PTK),  yang dilaksanakan diSMK KAL-1 Surabaya. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, dengan tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah pada mata pelajaran teknologi mekanik pada pokok bahasan teknik pengerjaan logam di kelas X TPM B. Instrument penelitian ini antara lain adalah observasi, tes tertulis, dan dokumentasi. Observasi dilakukan selama pembelajaran berlangsung untuk mengetahui perkembangan siswa. Tes tulis dilakukan untuk mengetahui hasil belajar siswa dan dokumentasi untuk memperoleh data sekolah, dan siswa. Berdasarkan hasil analisis data setelah dilakukan penelitian, maka diketahui hasil  siklis I sebagai berikut dimana ketuntasan klasikal siswa adalah sebesar 78,37% sedangkan nilai rata-rata siswa adalah sebesar 76,86. Pada siklus II ketuntasan klasikal siswa adalah sebesar 86,48% sedangkan nilai rata-rata siswa siswa adalah sebesar 81,54 sehingga upaya meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran problem based instruction sudah dapat dikatakan telah berhasil.

Kata kunci : model pembelajaran Problem Based Instruction, aktivitas siswa, hasil belajar

Published
2017-09-12
Abstract Views: 32
PDF Downloads: 23