PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSITED INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA MATA PEMBELAJARAN TEKNOLOGI DASAR OTOMOTIF (TDO) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TKR SMK NEGERI 1 SIDOARJO

  • Muhamad Alvitor

Abstract

Penelitian ini bertujuan: [1] mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen (X TKR 1) dan kelas kontrol (X TKR 2) SMKN 1 Sidoarjo pada penerapan model Team Assited Individualization (TAI) mata pelajaran Teknologi Dasar Otomotif (TDO); [2] mengetahui respon siswa Kelas X TKR 1 SMKN 1 Sidoarjo terhadap penerapan model pembelajaran Team Assited Individualization (TAI) pada mata pembelajaran teknologi dasar otomotif (TDO) terhadap hasil belajar siswa; [3] mengetahui kelebihan penerapan model pembelajaan Team Assited Individualization (TAI) pada mata pembelajaran teknologi dasar otomotif (TDO) terhadap hasil belajar siswa; [4] mengetahui kekurangan penerapan model pembelajaan Team Assited Individualization (TAI) pada mata pembelajaran teknologi dasar otomotif (TDO) terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TKR SMK Negeri 1 Sidoarjo yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa keseluruhan 72 siswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah yaitu siswa kelas X TKR 1 (kelas eksperimen sebanyak 36 siswa) dan siswa kelas X TKR 2 (kelas kontrol sebanyak 36 siswa). Instrumen  dalam penelitian  ini adalah berupa kuisioner (angket) dan tes hasil belajar. Teknik pengumpulan dalam penelitian  ini dengan metode angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji t. Dalam analisis data dilakukan perhitungan dengan bantuan Statistical Product and Service Solution (SPSS). Dari analisis data hasil penelitian diperoleh: [1] hasil analisis uji t yang dilakukan, diperoleh thitung sebesar 2,178 dengan ttabel adalah 1.669, maka  thitung> ttabel, yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen (X TKR 1) dan kelas kontrol (X TKR 2) SMKN 1 Sidoarjo pada penerapan model Team Assited Individualization (TAI) mata pelajaran Teknologi Dasar Otomotif (TDO); [2]  hasil respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran Team Assited Individualization (TAI) ini dikategorikan sangat baik, yaitu sebesar 81,7%; [3]  kelebihan penerapan model pembelajaran model Team Assited Individualization (TAI) mata pelajaran Teknologi Dasar Otomotif (TDO) adalah membuat siswa aktif berdiskusi dalam kegiatan pembelajaran, dan siswa pun saling bekerjasama menyelesaikan permasalahan; [4] kelemahan penerapan model pembelajaran model Team Assited Individualization (TAI) mata pelajaran Teknologi Dasar Otomotif (TDO) yaitu siswa yang lemah dalam belajar pun akan mengandalkan proses belajar pada siswa yang pandai dan yang berperan aktif saja.

Kata Kunci: Model Pembelajaran, TAI, Hasil Belajar, Respon Siswa

Published
2017-10-17
Abstract Views: 43
PDF Downloads: 28