PENGEMBANGAN MODUL PENGECATAN SEPEDA MOTOR PADA MATA PELAJARAN TEKNIK DASAR OTOMOTIF (TDO) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS X SMK NEGERI 1 LABANG MADURA

  • M FATHUR ROCY A

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini antara lain: (1) mengetahui validitas modul pengecatan sepeda motor, (2) mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan modul  (3) mengetahui respon siswa setelah menggunakan modul pengecatan sepeda motor. Metode penelitian menggunakan model pengembangan Peter Fenrich dengan 5 tahapan pengembangan yaitu tahap analisis, perencanaan, perancangan, pengembangan, dan implementasi. pada setiap tahapan penelitian diadakan evaluasi dan revisi guna mengetahui sejauh mana proses penelitian ini dilakukan. Penelitian dan pelaksanaan dilakukan di SMK Negeri 1 Labang Madura. Instrumen yang digunakan untuk mengukur nilai kevalidan dan keefektifan modul menggunakan angket pada dosen ahli materi, ahli bahasa, ahli desain dan siswa, serta instrumen untuk mengukur nilai keefektifan modul adalah berupa uji coba Pre-Test dan Post-Test untuk membandingkan hasil belajar sebelum menggunakan modul dan sesudah menggunakan modul.Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa hasil validasi modul oleh dosen ahli materi, desain, dan bahasa diperoleh rata-rata sebesar 83% dengan kriteria sangat valid. Sedangkan peningkatan hasil belajar siswa setelah menerapkan modul ini sebesar 28% dan hasil respon dengan kategori sangat baik.

Kata kunci: Pengembangan Modul Peter Fenrich, Hasil Belajar, Respon Siswa,

                                                                         Abstract                            

The purpose of this research are: (1) to know the validity of motorcycle painting module, (2) to know student learning result after module (3) to know student response after using motorcycle painting module.The research method using Peter Fenrich development model with 5 stages of development is the stage of analysis, planning, design, development, and implementation. at each stage of the study is evaluated . Research and implementation is done in SMK Negeri 1 Labang Madura. The instruments used to measure the validity and effectiveness of the module use questionnaires of lecturers, linguists, designers and students, and instruments to measure the effectiveness of modules are the Pre-Test and Post-Test trials to compare learning outcomes before using the module and after using the module. The result of the study revealed that the module validation result by the lecturer of material, design, and language experts was obtained on average by 83% with valid criteria. While improving student learning outcomes after applying this module by 28% and response results with very good category

Keywords: Module Development Peter Fenrich , Learning Outcomes, Response Students

Published
2017-12-18
Abstract Views: 44
PDF Downloads: 70