PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISON (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PDTO KELAS X JURUSAN TKR DI SMKN 1 SINGGAHAN-TUBAN

  • Nina Himawati

Abstract

Abstrak

Penelitian Tindakan ini diawali karena ditemukannya masalah tentang model pembelajaran dan hasil belajar di dalam kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajaran dan aktivitas siswa dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Students Teams Achievement Division (STAD) pada mata pelajaran pekerjaan dasar teknik otomotif. Desain penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan pada kelas X TKR di SMKN 1 Singgahan tahun pelajaran 2017/2018 dengan jumlah peserta didik 25 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan tes tulis berupa penetahuan dan kelompok, tes ketrampilan dan observasi yang diaplikasikan dalam bentuk instrumen penelitian. Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Students Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkat hasil belajar dengan ketuntasan klasikal dari 64% pada siklus I menjadi 80% pada siklus II, serta meningkatkan aktivitas siswa dengan persentase sebesar 76,04% pada siklus I menjadi 83,3% pada siklus II. 

Kata Kunci: Model Pembelajaran kooperatif tipe STAD, aktivitas iswa, hasil belajar. 

 

Abstract

This action research begins because of the discovery of problems about learning models and learning outcomes in the classroom. The purpose of this study is to determine the results of learning and student activities with the use of cooperative learning model type Students Teams Achievement Division (STAD) on basic automotive engineering subjects. The research design used was Class Action Research (PTK) which was carried out in class X TKR in SMKN 1 Singgahan in the academic year 2017/2018 with the number of students of 25 children. Data collection techniques used written tests in the form of knowledge and groups, skills tests and observations applied in the form of research instruments. From the data analysis, it can be concluded that by applying cooperative learning model of Students Teams Achievement Division (STAD) can increase learning result with classical completeness from 64% in cycle I to 80% in cycle II, and also increase student activity with percentage equal to 76,04% in cycle I to 83.3% in cycle II.

Keywords: STAD type cooperative learning, student activity, learning outcomes

 

Published
2018-01-02
Abstract Views: 12
PDF Downloads: 20