PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI MEKANIK KELAS X TPM SMK NEGERI 5 SURABAYA

  • Muhanif

Abstract

Model pembelajaran yang diterapkan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Tujuan dari penelitian ini antara lain (1) Mengetahui proses pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. (2) Mengetahui keterlaksanaan  sintaks model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw (3) Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas X TPM pada mata pelajaran Teknologi Mekanik di SMK Negeri 5 Surabaya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian classroom action research  dengan desain penelitian yaitu menggunakan metode deskriptif. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 5 Surabaya pada semester ganjil tahun ajaran 2017/2018. Subyek dari penelitian ini yaitu siswa kelas X Tpm 2 SMK Negeri 5 Surabaya. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar soal pretest, posttest dan jobsheet. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan recording pada kegiatan pembelajaran dan membandingkan nilai rata-rata pretest dan posttest untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa. Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian  ini antara lain: (1) video saat pembelajaran kooperatif tipe jigsaw (2) Hasil keterlaksanaan sintaks pembelajaran dapat dikatagorikan sangat baik karena mencapai 92,85%. (3) Hasil belajar siswa pada siklus I pretest 70,85%, dan  hasil post test 75,08% sedangkan  pada siklus II hasil post test mencapai 80.38%. Hal ini berarti proses belajar mengajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat dikatakan baik dan efektif bisa diterapkan dalam pembelajaran.

Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw, Teknologi Mekanik, Hasil Belajar.

Published
2018-01-05
Abstract Views: 41
PDF Downloads: 78