PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN SISTEM PENERANGAN MOBIL MATA PELAJARAN KELISTRIKAN DI SMKN 1 JATIREJO

Authors

  • DELIA NURUL AFIFAH

Abstract

Abstrak

Kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran kelistrikan yang hanya terpusat pada peran pendidik mengakibatkan pembelajaran terkesan bersifat konvensional. Akibat keaktifan pebelajar cenderung rendah dan cepat bosan sehingga mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Pengembangan modul ini bertujuan untuk memotivasi belajar siswa agar proses aktivitas pembelajaran lebih efektif sehingga mampu meningkatkan hasil belajar siswa yang cenderung rendah. Metode penelitian ini mengacu pada pengembangan model 4-D yang memiliki empat tahap ialah Difine (Pendefinisian), Design (Perencanaan), Develop (Pengembangan), Disseminate (Penyebaran), tetapi dalam penelitian pengembangan modul ini peneliti tidak menggunakan tahap Disseminate (Penyebaran). Subyek penelitian yaitu siswa Kelas XII TKR SMKN 1 Jatirejo yang mengikuti Mata Pelajaran Kelistrikan. Instrument penelitian digunakan untuk mengumpulkan data yang berupa lembar angket validasi modul. Hasil analisis data validasi dilakukan untuk mengetahui tingkat kelayakaan modul sistem penerangan mobil yang dihasilkan. Hasil penelitian meggunakan modul pembelajaran praktik Kelistrikan Otomotif Sistem Penerangan Mobil layak digunakan dalam pembelajaran mata pelajaran praktik Kelistrikan Otomotif. Hasil validasi modul oleh dosen/pengajar (kompetensi Isi, kompetensi Bahasa dan kompetensi Desain) mendapatkan rata-rata 3.6 , di mana persentase tersebut jika diinterpretasikan pada Skala Likert masuk dalam kriteria sangat layak. Hasil keaktifan siswa yang dilakukan oleh (pengamat 1, pengamat 2 dam pengamat 3) mendapatkan rata-rata 3.4, dimana hasil yang di peroleh masuk kriteria sangat aktif dan ditunjang dengan hasil belajar tahap pertama yang tidak menggunakan modul persentase nilai belum memenuhi kriteria dengan nilai rata-rata 40, pada tahap kedua mendapatkan nilai rata-rata 77 dan tahap ini mengalami peningkatan, Hal ini membuktikan terdapat peningkatan hasil belajar pada siswa kelas XII jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMKN 1 Jatirejo.

Kata Kunci : Validasi Modul, Keaktifan Belajar Siswa, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Teaching and learning activities on electrical subjects centered solely on the role of educators led to seemingly conventional learning. Due to the liveliness of learners tend to be low and quickly bored, thus affecting the learners learning outcomes. The development of this module aims to motivate student learning to process learning activities more effectively so as to improve student learning outcomes that tend to be low. This research method refers to the development of 4-D model which has four stages is difine (Define), Design (Planning), Develop (Development), Disseminate (Spread), but in research development of this module researchers do not use Disseminate stages. The subjects of the study were students of Class XII TKR SMKN 1 Jatirejo who followed the Electric Subject. The research instrument is used to collect data in the form of module validation questionnaire The result of validation data analysis is done to find out the level of module of car lighting system that produced The results of the study module utilizing the practice of Automotive Power Automotive Lighting System is feasible to use in learning subjects Automotive Electrical practice. Module validation results by lecturers (Competence competence, Language competence and Design competencies) earn an average of 3.6, in which the percentage if interpreted on a Likert Scale falls within criteria is very feasible. The result of student activeness conducted by observer 1 observer 2 and observer 3 gets average 3.4, where the result obtained is very active criteria and supported with first stage learning result which does not use percentage value module not yet fulfill the criterion with the mean value 40, in the second stage get an average score of 77 and this stage has increased, This proves there is an increase in learning outcomes in grade XII students majoring in Light Vehicle Engineering SMKN 1 Jatirejo.

Keywords: Validation Module , Activity Learn Student , Results Learn Student

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-06-08
Abstract views: 109 , PDF Downloads: 113