PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN SISTEM STARTER MOBIL PADA MATA PELAJARAN SISTEM STARTER JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMKN 1 JATIREJO
Abstract
Abstrak
Latar belakang dari penelitian ini adalah belum tersedianya modul pembelajaran yang baik dan layak sebagai pendukung proses pembelajaran teori maupun praktik. Pengembangan modul ini guna meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sistem starter, terutama pada kompetensi dasar mengidentifikasi sistem starter dan memperbaiki sistem starter untuk kelas XII Jurusan Teknik Kendaraan Ringan di SMKN 1 Jatirejo. Tujuan dari penelitian yaitu menghasilkan modul yang layak dengan memiliki syarat validasi oleh validator yang memiliki tingkat validitas yang baik dan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Metode penelitian ini menggunakan model ADDIE dengan 5 tahap proses pengembangan. Penelitian dan pelaksanaan dilakukan di SMKN 1 Jatirejo, Mojokerto. Instrumen yang digunakan untuk mengukur nilai kevalidan modul menggunakan angket kepada dosen ahli desain, materi, bahasa dan siswa. Instrumen sebagai pengukur nilai kelayakan modul dengan berupa uji coba terbatas secara dua tahap guna mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisa secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa hasil validasi modul oleh dosen ahli matei memperoleh persentase 92% dengan kriteria kelayakan modul sangat layak, validasi ahli bahasa mendapatkan persentase sebesar 84% dengan kriteria sangat layak serta validasi dari ahli desain mendapatkan persentase kelayakan sebesar 80% dengan kriteria layak. Peningkatan hasil belajar dengan menggunakan modul sistem starter mobil tipe konvensional dapat dilihat dari nilai rata-rata pre-test dan post-test yaitupre-test dengan nilai rata-rata 62,87 dan post-test memiliki nilai rata-rata sebesar 78,70.
Kata Kunci: Pengembangan modul, sistem starter, hasil belajar.
Abstract
Background of the research is not yet the availability of learning modules is good and viable as a proponent of learning theory as well as practice. The development of this module to enhance the learning outcomes of students on subjects the starter system, especially on basic competencies to identify and repair the starter system starter system for class XII in Light Vehicle Engineering 1 Jatirejo. The purpose of the research is produce a worthy module by having the terms of the validation by the validator has a good level of validity and knowing the increase in student learning outcomes. This research method using model ADDIE with five stages of the development process. Research and implementation of 1 conducted in Jatirejo, Mojokerto. Instruments used to measure the value of the kevalidan module to use the question form to Professor expert design, material, and language students. The measuring instrument as a value of the eligibility module with either a limited trial in two stages in order to know the increase in student learning outcomes. The data obtained are then analyzed are descriptive. Based on the results of the research note that the results of the validation of the module by expert lecturers matei 92% earn a percentage with the eligibility criteria of the module is very worthy, validation of linguists get a percentage amounting to 84% with a very decent criteria as well as validation of design experts get a percentage of 80% with eligibility criteria. Improvement of learning results by using the car starter system modules of conventional types can be seen from the average value of pre-and post test-yaitupre test-test with a grade average of 62.87 and post-test has an average rating of 78.70.
Keywords: Development of modules, System starter, the results of the studyDownloads
Downloads
Published
Issue
Section

