PENGARUH DRYING PROCESS TERHADAP FINISHING TOP COAT PADA PENGECATAN KOMPONEN BODI KENDARAAN BERMOTOR

  • KUSUMADETYA BRAHMASETA HERMIANTO
  • FIRMAN YASA UTAMA

Abstract

Abstrak

Beberapa faktor yang mempengaruhi hasil akhir proses pengecatan bodi kendaraan bermotor ialah komponen atau bahan dasar cat, peralatan yang digunakan saat mengecat, teknik pengecatan, dan metode pengeringan. Jarak yang umum digunakan ialah 15-25 cm. Banyak bengkel pengecatan yang masih menggunakan metode pengeringan di luar ruangan dikarenakan keterbatasan alat dan lahan. Tujuan dari penelitian ini ialah mengetahui pengaruh jarak penyemprotan terhadap hasil akhir pada finishing top coat dengan menggunakan berbagai macam metode pengeringan, dan mengetahui faktor ekonomis yang paling optimal dalam proses pengecatan dan hasil pengeringan pengecatan komponen bodi kendaraan bermotor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode eksperimen. Jarak penyemprotan yang digunakan dalam penelitian ini ialah 17, 19, dan 21 cm dan metode pengeringan yang digunakan ialah metode pengeringan oven menggunakan Micro Oven, metode pengeringan di dalam ruangan, dan metode pengeringan di luar ruangan. Pengecatan finishing top coat dilakukan menggunakan Paint Test Demonstrator agar jarak penyemprotan stabil. Pengukuran kekilapan dilakukan menggunakan glossmeter, dan pengukuran ketebalan dilakukan menggunakan thickness gauge. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini ialah kualitas hasil terbaik didapatkan menggunakan jarak penyemprotan 17 cm dengan metode pengeringan oven menggunakan Micro Oven yang menghasilkan tingkat kekilapan 92.29 GU dan ketebalannya 0.052 mm dengan permukaan yang baik dilihat dari hasil pengamatan dengan menggunakan mikroskop. Metode pengeringan menggunakan Micro Oven memakan total biaya paling rendah yaitu Rp. 105.800,- dengan lama pengerjaan paling singkat yaitu 2 jam 35 menit.

Kata kunci : Pengeringan, jarak penyemprotan cat, dan faktor ekonomis.

Abstract

Several factors affecting the end result of painting process of motor vehicle body are paint component or material, equipment used when painting, painting technique, and drying method. The commonly used spraying distance is 15-25 cm. Many painting workshops are still using outdoor drying methods due to limited tools and land. The purpose of this research is to know the effect of spraying distance to the final result on finishing top coat by using various drying method, and know the most economical factor in painting process and drying result of painting of motor vehicle body component. The method used in this research is the experimental method. The spraying distance used in this study was 17, 19, and 21 cm and the drying method used was oven drying method using Micro Oven, indoor drying method, and outdoor drying method. Top coat finishing painting is done using Paint Test Demonstrator for stable spraying distance. The gloss measurements were made using a glossmeter, and thickness measurements were made using a thickness gauge. The results obtained in this study is the best quality results obtained using 17 cm spraying distance by oven drying method using Micro Oven which produces 92.29 GU gloss level and thickness of 0.052 mm with good surface seen from observation by using microscope. The method of drying using Micro Oven takes the lowest total cost of Rp. 105800, - with the shortest working time of 2 hours 35 minutes.

Keywords : Drying, paint spraying distance, and economical factors.





Published
2018-07-24
Section
Articles
Abstract Views: 305
PDF Downloads: 253