PENGEMBANGAN MODUL AJAR MENGGAMBAR TEKNIK POKOK BAHASAN PROYEKSI DAN POTONGAN DILENGKAPI MEDIA PERAGA LEGO BLOK BERBANTUAN TEKNOLOGI INFORMASI

  • ARDA WIDYATAMA
  • AGUNG PRIJO BUDIJONO

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya media pembelajaran yang praktis pada pembahasan proyeksi dan potongan dalam proses pembelajaran mata kuliah menggambar teknik. Merujuk dari pembahasan tersebut peneliti membuat modul yaitu “Modul Ajar Menggambar Teknik Pokok Bahasan Proyeksi Dan Potongan Dilengkapi Media Peraga Lego Blok Berbantuan Teknolgi Informasi” yang nantinya sebagai penunjang dalam proses pembelajaran sehingga membantu mahasiswa secara individual mencapai tujuan belajar pada suatu proses pembelajaran. Media pembelajaran yang akan diterapkan dalam mata kuliah menggambar teknik, nantinya dikembangkan menggunakan model pengembangan 4-D (four D model) yang terdiri dari 4 tahapan yaitu: (1) penetapan (Define), (2) perancangan (Design), (3) pengembangan (Develop), dan (4) penyebaran (Disseminate). Tahap pendefinisian meliputi analisis awal akhir, analisa mahasiswa, analisa konsep, analisa tugas, dan spesifikasi tujuan pembelajaran. Tahap perancangan terdiri dari penyusunan tes, pemilihan media, pemilihan format, dan perancangan awal (desain awal). Pada tahap pengembangan terdiri dari validasi modul oleh dosen ahli, angket respon mahasiswa, dan soal pretest posttest untuk mahasiswa. Sedangkan untuk penyebaran tidak dilakukan dikarenakan terbatasnya waktu penelitian. Hasil penelitian menunjukkan (1) produk modul yang dikembangkan sangat layak digunakan (2) mahasiswa menunjukkan respon yang positif terhadap modul yang dikembangkan (3) hasil belajar mahasiswa mengalami peningkatan dengan kategori baik.

Kata kunci: modul ,model pengembangan 4D ( four D model), hasil belajar

Published
2018-07-28
Section
Articles
Abstract Views: 138
PDF Downloads: 815