PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK DHARMA BAHARI SURABAYA

  • RIYADLUL ULUM
  • I MADE ARSANA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum efektifnya guru dalam menerapkan model pembelajaran dan memanfaatkan media pendukung pada mata pelajaran dasar. Idealnya dalam mengajarkan pengetahuan dasar seperti pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif (PDTO) guru tidak hanya mengajarkan dalam bentuk ceramah, melainkan juga dengan mendemonstrasikan menggunakan media pendukung (benda nyata), sehingga siswa tidak hanya dapat meningkatkan kemampuan kognitif saja melainkan juga kemampuan psikomotor. Mengetahui permasalahan tersebut, peneliti ingin menerapkan sebuah model pembelajaran yang sesuai untuk membantu siswa dalam meningkatkan pengetahuan dasar. Model pembelajaran tersebut adalah pendekatan scientific learning dengan direct instruction (model pembelajaran langsung). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek penelitian adalah siswa kelas X TKR 4 SMK Dharma Bahari Surabaya pada semester genap 2017-2018. Desain yang dipergunakan dalam penelitian tindakan kelas ini berbentuk spiral atau siklus Kemis dan MC Taggart. Analisis data menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar aktivitas siswa. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan scientific learning dengan model pembelajaran langsung (direct instruction) dapat meningkatkan aktivitas siswa pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif. Hal tersebut dibuktikan pada siklus I persentase aktivitas siswa sebesar 64% dengan kategori baik, kemudian meningkat meningkat pada siklus II menjadi 83% dengan kategori sangat baik.

Kata Kunci: Model pembelajaran langsung, scientific learning, mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif (PDTO), dan aktivitas siswa.

Abstract

This research is motivated by the ineffectiveness of teachers in applying the model of learning and utilizing supporting media on basic subjects. Ideally in teaching basic knowledge as in the subject of Basic Work of Automotive Engineering teachers not only teach in the form of lectures, but also by demonstrating using supporting media (real objects), so that students can not only improve cognitive skills but psychomotor skills. Knowing these issues, researchers want to apply an appropriate learning model to help students improve basic knowledge. Learning model is the approach of scientific learning with direct instruction (direct learning model). This type of research is a classroom action research. The subject of this research is the students of class X TKR 4 SMK Dharma Bahari Surabaya in the even semester of 2017-2018. The designs used in this classroom action research are spiral or Kemis cycle and MC Taggart. Data analysis using descriptive method by using quantitative approach. The research instrument used to collect data is a student activity sheet. The results of this class action research indicate that the application of scientific learning approach with direct instruction model (direct instruction) can increase student activity on the subjects of Basic Work of Automotive Engineering. This is evidenced in the first cycle of student activity percentage of 64% with good category, then increased in cycle II to 83% with very good category.

Keywords: Direct learning model, scientific learning, Basic Automotive Engineering, and student activity.





Published
2018-08-03
Section
Articles
Abstract Views: 95
PDF Downloads: 58