PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MACROMEDIA FLASH PADA MATA PELAJARAN DASAR TEKNIK MESIN TERHADAP HASIL BELAJAR DAN RESPON SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN DI SMK NEGERI 1 BLITAR

  • MOCHAMMAD SAIFUL ANAM
  • THEODORUS WIYANTO WIBOWO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif macromedia flash terhadap hasil belajar siswa dan respon siswa kelas X program keahlian teknik pemesinan pada mata pelajaran dasar teknik mesin di SMK Negeri 1 Blitar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas X TPm 1 sebagai kelas eksperimen dengan berjumlah 36 siswa dan kelas X TPm 3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 36 siswa. Proses pengumpulan data menggunakan metode tes, yaitu pengumpulan data menggunakan tes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test) setelah diberi perlakuan (treatment) dan angket respon siswa. Uji validitas instrumen dilakukan dengan menggunakan pendapat validator ahli (expert judgment). Teknik analisis data hasil belajar menggunakan analisis statistik uji-t dengan bantuan SPSS dan data respon siswa dengan analisis prosentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Terdapat pengaruh dengan diterapkan pembelajaran interaktif macromedia flash. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Perbandingan hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran interaktif macromedia flash lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Hal ini dapat dilihat dari uji-t, data hasil belajar siswa yang menunjukan bahwa thitung yaitu sebesar 6,042 > ttabelĀ­ yang hanya sebesar 1,994. Selain itu nilai hasil belajar siswa kelas eksperimen yaitu sebesar 81,39 lebih tinggi dibandingkan nilai hasil belajar siswa kelas kontrol yang hanya sebesar 75,44. (2) Siswa memberikan respon yang positif dengan jumlah prosentase respon keseluruhan sebesar 80,93% masuk ke dalam kategori Baik dengan range (61%-80%). Hasil data tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui media pembelajaran interaktif macromedia flash dapat memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran dasar teknik mesin dan memberikan respon positif terhadap media pembelajaran tersebut.

Kata Kunci: Media Pembelajaran Interaktf Macromedia Flash, Hasil Belajar, Respon Siswa.

Published
2018-09-09
Section
Articles
Abstract Views: 40
PDF Downloads: 27