PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN CNC MILLING MENGGUNAKAN SOFTWARE MACH3 PADA MATA PELAJARAN CNC DI SMK NEGERI 5 SURABAYA

  • ELISA GUNTUR CHRISARDY
  • FIRMAN YASA UTAMA

Abstract

Metode penelitian ini mengacu pada pengembangan model 4-D yang memiliki empat tahap ialah Define (Pendefinisian), Design (Perencanaan), Develop (Pengembangan), Disseminate (Penyebaran), tetapi dalam penelitian pengembangan modul ini peneliti tidak menggunakan tahap Disseminate (Penyebaran). Subyek penelitian yaitu siswa Kelas XII TPm SMK Negeri 5 Surabaya yang mengikuti Mata Pelajaran CNC. Instrumen penelitian digunakan untuk mengumpulkan data yang berupa lembar angket validasi modul. Hasil analisis data validasi dilakukan untuk mengetahui tingkat kelayakaan modul pembelajaran CNC Milling Menggunakan Software Mach3 yang dihasilkan. Hasil penelitian dengan dukungan software Mach3 menunjukkan skor validasi modul oleh dosen/pengajar kompetensi materi sebesar 3.64, kompetensi bahasa sebesar 3.8 dan kompetensi desain sebesar 3.26 , di mana persentase tersebut jika diinterpretasikan pada Skala Likert, masuk dalam kriteria sangat layak. Hasil respon siswa diperoleh dengan presentase sebesar 92% dengan kriteria sangat baik. Hasil belajar tahap pertama sebelum menggunakan modul persentase nilai belum memenuhi kriteria dengan nilai rata-rata 63,91 pada tahap kedua setelah pembelajaran menggunakan modul mendapatkan nilai rata-rata 79,68 dan tahap ini mengalami peningkatan. Hal ini membuktikan terdapat peningkatan hasil belajar pada siswa kelas XII jurusan Teknik Pemesinan SMK Negeri 5 Surabaya.

Kata Kunci: Validasi Modul, Respon Siswa, Hasil Belajar Siswa

Published
2018-10-01
Section
Articles
Abstract Views: 182
PDF Downloads: 147