Pengembangan Modul Memperbaiki Sistem Rem Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI TKR Smk Al Husna Loceret Nganjuk

  • NOVI FAJAR KHOIRAWAN
  • I MADE MULIATNA

Abstract

ABSTRAK

PENGEMBANGAN MODUL MEMPERBAIKI SISTEM REM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TKR SMK AL HUSNA LOCERET NGANJUK

Nama : NOVI FAJAR KHOIRAWAN

NIM : 14050524074

Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Mesin

Jurusan : Teknik Mesin

Fakultas : Teknik

Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya

Dosen Pembimbing : Drs. I MADE MULIATNA, M.Kes.

Penelitihan ini bertujuan untuk menghasilkan modul yang layak digunakan siswa kelas XI SMK Alhusna Loceret Nganjuk, sehingga meningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran memperbaiki sistem rem, dan menambah referensi sarana pembelajaran disekolah.

Metode yang digunakan dalam penyusunan modul ini adalah model 4-D (four-D) yang disarankan oleh Sivasailan Thiagarajan, Dorothy S. Semmel dan Melvyn I. Semmel. Model ini terdiri dari 4 tahap pengembangan yaitu : (1) Define, (2) Design, (3) Develop dan (4) Disseminat. Atau diadaptasikan menjadi model 4-P yaitu : Pendifinisian, Perancangan, Pengembangan dan Penyebaran. Intrumen yang digunakan dalam penelitihan pengembangan modul ini berupa angket validasi yang diberikan kepada : (1) Ahli Desain, (2) Ahli Bahasa, dan (3) Ahli Materi, dan uji coba keefektifan kepada kelompok terbatas dari 20 siswa kelas XI TKR SMK Al Husna Loceret Nganjuk melalui lembar soal pre test dan post test sebagai pengguna modul.

Hasil penelitian ini dapat disampaikan bahwa : 1) Kelayaan modul memperbaiki sistem rem yang telah divalidasi dan diujikan mendapatkan hasil yang sangat valid. Sebagaimana hasil penilaian dari para validator ahli desain, ahli bahasa dan ahli materi diperoleh rata-rata skor sebesar 3,33 dengan katagori sangat valit. 2) Terdapat peningkatan (perbedaan) hasil belajar siswa antara sebelum dan sesudah diberikan modul memperbaiki sistem rem. Hasil belajar siswa sesudah diberikan modul memperbaiki sistem rem mempunyai rerata skor sebesar 84,7 lebih tinggi dari hasil belajar siswa sebelum menggunakan modul memperbaiki sistem rem yang hanya mempunyai rerata skor sebesar 43,85.

Kata Kunci : Pengembangan Modul, Sistem Rem, Hasil Belajar

ABSTRACT

MODULE DEVELOPMENT IN IMPROVING THE REM SYSTEM TO IMPROVE THE LEARNING OUTCOMES OF CLASS XI STUDENTS OF AL HUSNA VOCATIONAL SCHOOL, LOCERET NGANJUK

Name : NOVI FAJAR KHOIRAWAN

NIM : 14050524074

Study Program : Bachelor of Mechanical Engineering Education

Majoring : Mechanical engineering

Faculty : Engineering

Institution Name : Surabaya State University

Supervisor : Drs. I MADE MULIATNA, M.Kes.

This research aims to produce a feasible module used by the class XI students of Alhusna Loceret Nganjuk Vocational High School, so as to increase student learning outcomes in subjects to improve the brake system, and add reference to learning facilities in schools.

The method used in the preparation of this module is the 4-D (four-D) model suggested by Sivasailan Thiagarajan, Dorothy S. Semmel and Melvyn I. Semmel. This model consists of 4 stages of development, namely: (1) Define, (2) Design, (3) Develop and (4) Disseminate. Or adapted to the 4-P model, namely: Defining, Designing, Developing and Spreading. The instruments used in this module development research are validation questionnaires which are given to: (1) Design Experts, (2) Language Experts, and (3) Material Experts, and testing the effectiveness of a limited group of 20 students of Al Husna Vocational School XI class XI Loceret Nganjuk through the pre test and post test questions as module users.

The results of this study can be stated that: 1) The modules feasibility improves the brake system that has been validated and tested to get very valid results. As the results of the evaluation of the design experts validators, linguists and material experts obtained an average score of 3.33 with a very valit category. 2) There is an increase (difference) in student learning outcomes between before and after being given a module to improve the brake system. Student learning outcomes after being given a module to improve the brake system have a mean score of 84.7 higher than student learning outcomes before using the module to improve the brake system which only has a mean score of 43.85.

Keywords: Module Development, Brake System, Learning Outcomes

Published
2018-10-20
Section
Articles
Abstract Views: 63
PDF Downloads: 123