Pengembangan Modul Sistem Pendingin Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI TKR SMK NU 1 Kedungpring Lamongan

  • MOHAMAD IMAM SYA RONI
  • I MADE MULIATNA

Abstract

ABSTRAK
PENGEMBANGAN MODUL SISTEM PENDINGIN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMK NU 1 KEDUNGPRING LAMONGAN
Nama : MOH. IMAM SYA RONI

NIM : 14050524075

Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Mesin

Jurusan : Teknik Mesin

Fakultas : Teknik

Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya

Dosen Pembimbing : Drs. I MADE MULIATNA, M.Kes.

Penelitihan ini bertujuan untuk menghasilkan modul yang layak digunakan siswa kelas XI SMK NU 1 Kedungpring Lamongan, sehingga meningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sistem pendingin, dan menambah referensi sarana pembelajaran disekolah.

Metode yang digunakan dalam penyusunan modul ini adalah model 4-D (four-D) yang disarankan oleh Sivasailan Thiagarajan, Dorothy S. Semmel dan Melvyn I. Semmel. Model ini terdiri dari 4 tahap pengembangan yaitu : (1) Define, (2) Design, (3) Develop dan (4) Disseminat. Atau diadaptasikan menjadi model 4-P yaitu : Pendifinisian, Perancangan, Pengembangan dan Penyebaran.Intrumen yang digunakan dalam penelitihan pengembangan modul ini berupa angket validasi yang diberikan kepada : (1) Ahli Desain, (2) Ahli Bahasa, dan (3) Ahli Materi, dan uji coba keefektifan kepada kelompok terbatas dari 20 siswa kelas XI TKR SMK NU 1 Kedungpring Lamongan melalui lembar soal pre test dan post test sebagai pengguna modul.

Hasil penelitian ini dapat disampaikan bahwa : 1) Kelayaan modul sistem pendingin yang telah divalidasi dan diujikan mendapatkan hasil yang sangat valid. Sebagaimana hasil penilaian dari para validator ahli desain, ahli bahasa dan ahli materi diperoleh rata-rata skor sebesar 3,3 dengan katagori sangat valit. 2) Terdapat peningkatan (perbedaan) hasil belajar siswa antara sebelum dan sesudah diberikan modul sistem pendingin. Hasil belajar siswa sesudah diberikan modul sistem pendingin mempunyai rerata skor sebesar 79 lebih tinggi dari hasil belajar siswa sebelum menggunakan modul memperbaiki sistem rem yang hanya mempunyai rerata skor sebesar 49.
Kata Kunci : "Pengembangan modul, sistem pendingin, hasil belajar"

ABSTRACT
DEVELOPMENT OF COOLING SYSTEM MODULE TO IMPROVE THE LEARNING OUTCOMES OF CLASS XI STUDENTS IN SMK NU 1 KEDUNGPRING LAMONGAN
Name : MOH. IMAM SYA’ RONI

NIM : 14050524075

Study Program : Bachelor of Mechanical Engineering Education

Majoring : Mechanical engineering

Faculty : Engineering

Institution Name : Surabaya State University

Supervisor : Drs. I MADE MULIATNA, M.Kes.

This research aims to produce a feasible module used by the class XI students of NU 1 Kedungpring Lamongan Vocational High School, so as to increase student learning outcomes in subjects to improve coller system, and add reference to learning facilities in schools.

The method used in the preparation of this module is the 4-D (four-D) model suggested by Sivasailan Thiagarajan, Dorothy S. Semmel and Melvyn I. Semmel. This model consists of 4 stages of development, namely: (1) Define, (2) Design, (3) Develop and (4) Disseminate. Or adapted to the 4-P model, namely: Defining, Designing, Developing and Spreading. The instruments used in this module development research are validation questionnaires which are given to: (1) Design Experts, (2) Language Experts, and (3) Material Experts, and testing the effectiveness of a limited group of 20 students of Al Husna Vocational School XI class XI NU 1 Kedungpring Lamongan through the pre test and post test questions as module users.

The results of this study can be stated that: 1) The modules feasibility improves the brake system that has been validated and tested to get very valid results. As the results of the evaluation of the design experts validators, linguists and material experts obtained an average score of 3.33 with a very valit category. 2) There is an increase (difference) in student learning outcomes between before and after being given a module to improve the coller system. Student learning outcomes after being given a module to improve the brake system have a mean score of 79 higher than student learning outcomes before using the module to improve the brake system which only has a mean score of 46.
Keywords: "Development of modules, cooling systems, learning outcomes"

Published
2018-10-23
Section
Articles
Abstract Views: 50
PDF Downloads: 47