PENGEMBANGAN MODUL AUTODESK INVENTOR PADA PEMBELAJARAN GAMBAR MANUFAKTUR SISWA KELAS XI JURUSAN TEKNIK PEMESINAN DI SMK NEGERI 1 PUNGGING MOJOKERTO

  • MUHAMMAD NOER ARIFIN
  • NUR AINI SUSANTI

Abstract

Media pembelajaran yang dikembangkan dalam pembelajaran Autodesk Inventor pada penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis Modul. Tujuan Peneilitan ini antara lain: 1) Menghasilkan modul Autodesk Inventor guna menunjang proses belajar mengajar pada mata pelajaran gambar manufaktur menggunakan aplikasi Autodesk Inventor pada kelas XI TPm 1 di SMK Negeri 1 Pungging Mojokerto, 2) Dapat meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan modul Autodesk Inventor pada kelas XI TPm 1 di SMK Negeri 1 Pungging Mojokerto. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan Dick and Carrey. Penelitian dan pengembangan dilakukan di SMK Negeri 1 Pungging Mojokerto. Subjek uji coba adalah siswa kelas XI TPm SMK Negeri 1 Pungging Mojokerto. Adapun obyek penelitian adalah media pembelajaran berbasis modul. Media pembelajaran berbasis modul dikatakan layak dan valid apabila rata-rata hasil validasi dari ahli materi, ahli bahasa, dan ahli desain minimal mendapat kalsifikasi valid. Sedangkan instrument pengumpulan data untuk kelayakan dan kevalidan modul berupa lembar validasi, serta untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa menggunakan soal tes dengan membandingkan nilai rerata Pre-Test dan Post-Test. Hasil penelitian ini yaitu kevalidan modul pembelajaran Autodesk Inventor yang didasarkan penilaian dari ahli materi 3.56, ahli desain 3.53, ahli bahasa 3,57 dan memiliki kategori sangat valid. Serta peningkatan rata-rata total hasil belajar siswa dari pre-test dan post-test menunjukan kenaikan dari 66.3 menjadi 78.6, sedangkan untuk kelulusan klasikal kelas berada diatas angka 75% yaitu pada angka 86.6% yang menunjukan bahwa modul telah berhasil diterapkan dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI TPm SMKN 1 Pungging Mojokerto.






Published
2018-11-13
Section
Articles
Abstract Views: 178
PDF Downloads: 513