PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR CARA KERJA ENGINE 2 DAN 4 LANGKAH KELAS X SMK NEGERI 1 AROSBAYA

  • MUHAMMAD ARIF SALIM
  • DJOKO SUWITO

Abstract

Dari hasil pengalaman mengajar dan hasil observasi di SMK Negeri 1 Arosbaya proses pendidikan masih menggunakan model pembelajaran konvensional, sehingga aktivitas dan respon siswa terhadap proses pembelajaran rendah, hal tersebut berpengaruh terhadap menurunnya hasil belajar siswa. Berdasarkan kasus tersebut dikembangkan suatu model dengan menggunakan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining yang bertujuan mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknik Dasar Otomotif Kelas X SMK Negeri 1 Arosbaya yang mana berdasarkan hasil dari beberapa penelitian dapat meningkatkan kompetensi. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas yang Menggunakan dua siklus dengan subjek penelitian siswa kelas X TKR SMK Negeri 1 Arosbaya tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 22 siswa, Kopetensi dasar yang akan diajarkan Adalah cara kerja egine 2 dan 4 langkah yang dilakukan dalam 2 siklus yang tiap siklus terdapat tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Siklus 1 materi yang akan diajarkan yakni pengertian dan cara kerja engine 2 dan 4 langkah sedangkan pada siklus 2 materi yang diajarkan yaitu Komponen-komponen engine 2 dan 4 langkah. Metode pengambilan data menggunakan metode angket, observassi, dan test. Dari analisi data hasil penelitian diketahui bahwa pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 73.75 meningkat menjadi 81,61 pada siklus II. Penerapan Model Pembelajaran student facilitator and explaining juga dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dimana pada siklus I aktivitas siswa sebesar 59,21% meningkat menjadi 79,61% pada siklus II, sedangkan hasil respon siswa mendapatkan presentase 82,14%, dan dikategorikan sangat baik

Kata kunci: Penerapan Model Pembelajaran Studen Facilitator and explaining aktivitas belajar, respon siswa, hasil belajar





Published
2018-11-28
Section
Articles
Abstract Views: 71
PDF Downloads: 62