PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) UNTUK MENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR RANGKAIAN KELISTRIKAN SEDERHANA KELAS X TKR SMK NEGERI 7 SURABAYA

  • BAGHAS WICAKSONO
  • DJOKO SUWITO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa X TKR 1 SMK Negeri 7 Surabaya, dengan menerapkan model pembelajaran Creative Problem Solving. Merujuk dari penelitian sebelumnya menunjukkan peningkatan hasil belajar, keaktifan, dan mendapat respon yang baik dari siswa. Dari hasil pengalaman mengajar penulis selama 8 minggu di SMKN 7 Surabaya, dan hasil observasi menunjukkan guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional sehingga hasil belajar dan keaktifan siswa kurang. Dari masalah tersebut maka diterapkanlah model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif antara guru mata pelajaran Teknik Dasar Otomotif dan peneliti. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKR 1 SMK Negeri 7 Surabaya tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 36 siswa, kompetensi dasar yang diajarkan yakni rangkaian kelistrikan sederhana yang dilakukan dalam 2 siklus yang tiap siklus terdapat tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Siklus 1 materi yang akan diajarkan yakni pengertian listrik dan besarannya, siklus 2 materi yang diajarkan yaitu rangkaian seri dan pararel. Metode pengambilan data menggunakan metode angket, observasi, dan tes. Hasil penelitian diketahui bahwa pada siklus I hasil belajar rata-rata siswa sebesar 77,18 meningkat menjadi 83,43 pada siklus II. Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) juga dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dimana pada siklus I aktivitas siswa sebesar 59,49% meningkat menjadi 79,61% pada siklus II, sedangkan hasil respon siswa mendapatkan persentase 83,5%, dan dikategorikan sangat baik.

Kata kunci: Model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS), aktivitas siswa, hasil belajar siswa, respon siswa,





Published
2018-11-28
Section
Articles
Abstract Views: 61
PDF Downloads: 41