UJI COBA MEDIA AUDIO VISUAL PADA KOMPETENSI DASAR ALAT GAMBAR TEKNIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DASAR GAMBAR TEKNIK KELAS X TPM DI SMK KAL 1 SURABAYA

  • EKO YUDI HERMAWAN
  • THEODORUS WIYANTO WIBOWO

Abstract

Berawal tidak tersedianya media audio visual untuk KD alat gambar teknik yang diukur dari tingkat kevalidan, guna untuk mendapatkan media yang layak digunakan, serta meningkatkan hasil belajar siswa SMK KAL 1 Surabaya. Sebelumnya pada tahun ajaran 2016/2017 hanya 6 siswa yang tuntas dari 78 siswa sedangkan pada tahun ajaran 2015/2016 hanya 8 siswa dari 80 siswa. Dari nilai ini dilakukan uji coba media untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMK KAL 1 Surabaya.

Metode penelitian ini menggunakan quasi experiment dengan menggunakan disain nonequivalent control group design, untuk kevalidan media dibagi menjadi beberapa bagian yaitu validasi media, validasi bahasa, validasi materi dan validasi perangkat dinilai dengan menggunakan skala linkert 1-4, Guna mengukur hasil belajar siswa dengan melakukan uji coba menggunakan tes kognitif dan psikomotorik dengan membandingkan nilai rata-rata pre-test dan post-test.

Hasil penelitian untuk validasi media dengan hasil 3,18 berkriteria valid, validasi bahasa dengan hasil 3,07 berkriteria valid, validasi materi 3,4 berkriteria sangat valid, validasi perangkat silabus dengan hasil 3,3 berkriteria sangat valid dan RPP dengan hasil 3,35 berkriteria sangat valid. Dengan mengerjakan soal pre test dan post test dihitung dengan menggunakan rumus N-gain untuk mengetahui peningkata dan t-test untuk uji hipotisis, hasil dari rumus N-gain kelas kotrol 0,33 < kelas eksperimen 0,47 semua mengalami peningkatan akan tetapi kelas eksperimen lebih besar dibanding kelas kontrol selajutnya di hitung menggunakan T-test untuk uji hipotisis berikut hasil thitung 2,21 sedangkan ttabel 1,69 maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh kelas yang menggunakan media audio visual karena nilai kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol.

Kata kunci : Media audio visual, validasi, hasil belajar.

Beginning with the unavailability of audio visual media for KD technical drawing tools that are measured from the level of validity, in order to get media that are suitable to be used, as well as improving student learning outcomes of KAL 1 Surabaya Vocational High School. Previously in the 2016/2017 school year only 6 students were completed from 78 students while in the 2015/2016 school year only 8 students from 80 students. From this value a media trial was conducted to improve student learning outcomes of KAL 1 Surabaya Vocational High School.

This research method uses quasi experiment using nonequivalent control group design, for validity media is divided into several parts, namely media validation, language validation, material validation and device validation assessed using the linkert scale 1-4, in order to measure student learning outcomes by testing try using cognitive and psychomotor tests by comparing the mean values ​​of the pre-test and post-test.

The results of the research for media validation with the results of 3.18 are valid, language validation with 3.07 results are valid, material validation 3.4 has very valid criteria, validation of syllabus with 3.3 results is very valid and RPP is 3.35 very valid criteria. By working on the pre test and post test questions are calculated using the N-gain formula to determine the increase and t-test for the hypothetical test, the results of the N-gain formula control class 0.33 <experimental class 0.47 all increase but the experimental class greater than the next control class is calculated using a T-test for the hypothetical test following the results of tcount 2.21 while t table 1.69 it can be concluded that there is a class influence using audio visual media because the value of the experimental class is higher than the control class.

Keywords: audio visual media, validation, learning outcomes

Published
2018-12-19
Section
Articles
Abstract Views: 103
PDF Downloads: 79