pengaruh variasi perubahan kontur pada camshaft terhadap unjuk kerja honda megapro 160 d advance

  • M CHOIRUL ANAM
  • MUHAJI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan kontur pada camshaft terhadap unjuk kerja Honda megapro 160 D Advanced. Camshaft dimodifikasi di bagian base circle untuk merubah sudut lsa, durasi, dan lift dengan variasi jumlah yang berjumlah 5 buah camshaft. Spesifikasi camshaft standart, durasi intake 2250, durasi exhaust 2200, dan lift 6mm. camshaft modifikasi tipe A durasi intake 2350, durasi exhaust 2250, dan lift 6,5mm, camshaft modifikasi tipe B durasi intake 2450, durasi exhaust 2300, dan lift 6,5mm, camshaft modifikasi tipe C durasi intake 2350, durasi exhaust 2250, dan lift 7mm, camshaft modifikasi tipe D durasi intake 2450, durasi exhaust 2300, dan lift 7mm. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Metode pengujian ini adalah dengan cara pengujian rpm yang tidak tetap (Full Open Throttel Valve) dan standar pengujian adalah ISO 1585, SAE J1349, DIN 70020. Analisis data yang dilakukan dengan metode deskripsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa camshaft modifikasi tipe D lebih baik dari pada Honda megapro dengan menggunakan chamsaft standart. Torsi yang dihasilkan meningkat 35,1% dimana torsi tertinggi 1,23 kgf.m pada 6000 rpm, Daya yang dihasilkan meningkat 34,35% dimana daya tertinggi 12,51 PS pada 8500 rpm, tekanan efektif rata-rata (Bmep) meningkat 34,35% dimana tekanan efektif rata-rata (Bmep) tertinggi 7,86 kg/cm² pada 6000 rpm.

Kata Kunci: Unjuk Kerja, camshaft, lobe separation angle, durasi, lift.


Abstract

This study aims to determine the changes in the contours of the camshaft against the performance of the Honda Megapro 160 D Advanced. The camshaft is modified in the base circle section to change the angle, duration, and lift with variations in the amount of 5 camshafts. Standard camshaft specifications, 2250 intake duration, 2200 exhaust duration, and 6mm lift. modified type A camshaft intake duration 2350, exhaust duration 2250, and lift 6.5mm, modified type B camshaft duration of intake 2450, exhaust duration 2300, and lift 6.5mm, modified type C camshaft intake duration 2350, exhaust duration 2250, and lift 7mm, type D modified camshaft 2450 intake duration, 2300 exhaust duration, and 7mm lift. This research is using experimental method. This testing method is by testing the rpm that is not fixed (Full Open Throttel Valve) and the testing standard is ISO 1585, SAE J1349, DIN 70020. Data analysis is done by the method of description. The results showed that the type D modified camshaft was better than the Honda megapro using standard chamsaft. The resulting torque increases by 35.1% where the highest torque is 1.23 kgf.m at 6000rpm, the resulting power increases 34.35% where the highest power is 12.51 PS at 8500 rpm, the effective effective pressure (Bmep) increases 34,35% where the effective effective pressure (Bmep) is highest at 7.86 kg/ cm² at 6000 rpm.

Keywords: Performance, camshaft, lobe separation angle, duration, lift.

Published
2019-01-16
Section
Articles
Abstract Views: 62
PDF Downloads: 432