PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN METODE DEMONSTRASI DALAM MENINGKATKAN ASPEK AFEKTIF DAN KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK ILMU PENGETAHUAN BAHAN

  • ILHAM AKBAR SANTOSO
  • I MADE MULIATNA

Abstract

ABSTRAK

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN METODE DEMONSTRASI DALAM MENINGKATKAN

ASPEK AFEKTIF DAN KOGNITIF SISWA PADA

MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK

ILMU PENGETAHUAN BAHAN

Nama : Ilham Akbar Santoso

NIM : 12050524021

Program Studi : S1 Pendidikan Teknik Mesin

Jurusan/Fakultas : Teknik Mesin/Fakultas Teknik

Dosen Pembimbing : Drs. I Made Muliatna, M.Kes.

Setiap kegiatan belajar mengajar ada tiga aspek yang dicapai dalam diri peserta didik yaitu perubahan aspek kognitif, perubahan aspek afektif dan aspek psikomotor. Peningkatan aspek kognitif dan afektif sangat perlu dilakukan pada SMK Negeri 1 Kota Madiun dari aspek kognitif dan afektif masih kurang maksimal dibandingkan dengan nilai KKM khususnya pada aspek kognitif. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar ranah kognitif dan ranah afektif siswa SMK Negeri 1 Madiun; serta untuk mengetahui perbedaan hasil belajar ranah kognitif dan afektif siswa SMK Negeri 1 Madiun dalam penggunaan modelpembelajaran Time Token pada metode demonstrasi.

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tidakan Kelas (PTK). Penelitian ini termasuk pada rancangan penelitian one group pretest possttest. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Madiun. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TPM 2 SMK Negeri 1 Madiun, yaitu 33 siswa yang semuanya adalah putra. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji beda.

Hasil analisis dapat disimpulkan bahwa (1) Terdapat perbedaan hasil belajar ranah kognitif siswa SMK Negeri 1 Madiun dalam penggunaan modelpembelajaran Time Token pada metode demonstrasi. Hasil penelitian tersebut telah mencapai indikator keberhasilan, adalah 80% siswa SMK Negeri 1 Madiun mengalami ketuntasan belajar pada pembelajaran teknologi mekanik menggunakan model pembelajaran Time Token pada metode demonstrasi; (2) Terdapat perbedaan hasil belajar ranah afektif siswa SMK Negeri 1 Madiun dalam penggunaan modelpembelajaran Time Token pada metode demonstrasi. Hasil penelitian tersebut telah mencapai indikator keberhasilan, adalah hasil belajar siswa ranah afektif meningkat dengan kriteria sekurang-kurangnya baik pada pembelajaran teknologi mekanik menggunakan model pembelajaran Time Token pada metode demonstrasi.

Kata Kunci : Ranah Kognitif, Ranah Efektif, model pembelajaran Time Token, Metode Demontrasi

Published
2019-04-05
Section
Articles
Abstract Views: 59
PDF Downloads: 45