PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN TRAINER SISTEM PENGAPIAN PADA SISWA KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK NEGERI 1 JABON SIDOARJO

  • IRHAM BAYU PRASMADI
  • MUHAJI

Abstract

AbstrakLatar belakang dalam penelitian ini adalah belum tersedianya modul pembelajaran yang baik, diukur melalui tingkat kevalidan dan kepraktisan, selain itu metode pembelajaran yang diterapkan masih bersifat konvensional dimana dalam penerapannya metode tersebut dianggap kurang mampu untuk membantu peserta didik menguasai kompetensi sesuai dengan yang diharapkan. Tujuan penelitian ini antara lain: (1) mengetahui validitas modul, (2) mengetahui respon siswa terhadap modul dan (3) untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran kelistrikan kendaraan ringan pada kompetensi dasar memelihara sistem pengapian konvensional. Jenis penelitian ini menggunakan model pengembangan Dick and Carey dengan sepuluh tahap pengembangan. Penelitian dan pelaksanaan dilakukan di SMK Negeri 1 Jabon. Subjek yang diambil dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR SMK Negeri 1 Jabon Sidoarjo dengan jumlah 34 siswa yang di bagi menjadi dua kelompok yakni 17 siswa menjadi kelompok eksperimen dan 17 siswa menjadi kelompok kontrol. Metode pemilihan sampel dilakukan secara acak dengan sistem undian. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan untuk mengukur nilai kevalidan dan kepraktisan modul adalah menggunakan angket pada dosen ahli materi, ahli bahasa, ahli desain, dan siswa pengguna modul dengan skala Likert 4 serta dilakukan uji-t untuk mengetahui hasil belajar antara nilai rata-rata pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (1) modul ini valid dengan penilaian dari ahli materi 76,13%, desain 76,60%, bahasa 84,72%. (2) Hasil respon siswa yaitu 83,08%. (3) Perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol karena hasil t_hitung> t_tabel dengan taraf signifikan 0,05 (6,54>2,03). Hal ini berarti proses belajar mengajar dengan menggunakan modul lebih baik dan efektif dalam pembelajaraKata Kunci: pengembangan modul, respon siswa, hasil belajar
AbstractThe problem of this research is the unavailability of good learning modules, measured by the level of validity and practicality, in addition to the method applied learning which is still conventional in its application of the method is considered less able to help learners master the competencies as expected. The purpose of this study include: (1) determine the validity of the module, (2) study the response of the students, and (3) to assess student learning outcomes in subjects electrical light vehicles on the basis of competence maintain conventional ignition system. This research uses Dick and Carey model of development with ten stages of development. Research and implementation is done in SMK Negeri 1 Jabon. Subjects were taken in this study is a class XI student of SMK TKR 1 Jabon Sidoarjo by the number of 34 students were divided into two groups of 17 students into the experimental group and 17 students to a control group. Methods of sample selection is done randomly by lottery system.Analysis of the data used is descriptive quantitative analysis, The instrument used to measure the value of the validity and practicality of the module is using a questionnaire on faculty subject matter experts, linguists, expert design, and student users module with a Likert scale of 4 and do the t-test to determine learning outcomes between the average value of the pre-test and post-test. Based on the results of research on get: (1) This module is valid with the assessment of materials experts 76,13%, 76,60% designs, languages 84,72%. (2) Results of student response that is 83.08%. (3) The difference in learning outcomes between the experimental class and control class for resultst_hitung> t_tabel with significance level of 0.05 (6,54> 2,03).This means that the learning process by using the module better and more effective in learningKeywords: module development, student activities, learning outcomes.
Published
2019-05-07
Section
Articles
Abstract Views: 37
PDF Downloads: 11