STUDY ANALISIS KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DALAM IDENTIFIKASI BAHAYA SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN KECELAKAAN KERJA PADA REPARASI MOBIL DI BENGKEL HYUNDAI WIYUNG SURABAYA

  • GEMA ANGGAR SAFITRI
  • I MADE MULIATNA

Abstract

ABSTRAK

STUDY ANALISIS KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DALAM IDENTIFIKASI BAHAYA SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN KECELAKAAN KERJA PADA REPARASI MOBIL DI BENGKEL HYUNDAI WIYUNG SURABAYA

Nama : Gema Anggar Safitri

NIM : 15050524014

Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Mesin

Jurusan : Teknik Mesin

Fakultas : Teknik

Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya

Dosen Pembimbing : Drs. I Made Muliatna, M.Kes.

Bengkel mobil Hyundai Surabaya merupakan salah satu produsen mobil terbesar di Korea yang bergerak dalam bidang penjualan mobil maupun spare part dan service kendaraan yang tersebar diwilayah Indonesia salah satunya di daerah Surabaya. K3 yang diterapkan maupun fasilitas yang ada di dalam perusahaan khususnya di dalam bengkel sangat kurang. Hal itu bisa dinyatakan bahwa simbol K3 yang ada di bengkel tidak ada, simbol-simbol APD maupun simbol-simbol dalam K3 sangat kurang, yang ada hanya simbol dilarang merokok dan selain pekerja dilarang masuk. Sehingga dengan demikian potensi bahaya yang dapat menyebabkan kecelakaan kerja pada bengkel Hyundai bisa terjadi dan bisa saja berasal dari kegiatan ataupun aktivitas kerja dalam pelaksanaan kerja bengkel, selain itu bisa disebabkan karena kurangnya komitmen antara perusahaan, pekerja, maupun kondisi lingkungan.

Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan mengumpulkan informasi atau data yang kemudian dilakukan penilaian untuk menentukan tingkat bahaya yang ada. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan metode job safety analysis dan risk assessment, yaitu mengidentifikasi bahaya, menentukan resiko, serta evaluasi resiko dengan cara perkalian nilai severity dan likelihood.

Hasil yang diinginkan dari penelitian ini yaitu agar bahaya di area kerja bisa berkurang, para pekerja tidak menyepelekan bahaya yang terjadi di area kerja walaupun bahaya kecil, pekerja selalu menggunakan alat pelindung diri sebagai pencegahan kecelakaan kerja, dapat menerapkan standart operasional prosedure, sehingga kecelakaan kerja yang timbul bisa berkurang.

Kata kunci : job safety analisys, Keselamatan dan kesehatan kerja, kecelakaan kerja, bahaya.
Published
2019-05-07
Section
Articles
Abstract Views: 120
PDF Downloads: 715