PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KELAYAKAN BENGKEL DAN TINGKAT PENERAPAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) TERHADAP HASIL BELAJAR PRAKTIK PEMELIHARAAN CHASSIS

  • PANDU YUDI PUTRA
  • DJOKO SUWITO

Abstract

ABSTRAK

SMK PSM 2 Takeran Magetan merupakan sekolah menengah kejuruan yang memiliki berbagai macam program keahlian, salah satunya yaitu program keahlian Teknik Kendaraan Ringan (TKR). Program Keahlian TKR membekali peserta didik dengan keterampilan melalui pembelajaran praktik. Keberhasilan dalam proses pembelajaran praktik tentunya diperlukan sarana dan prasarana yang memadai dan penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang sesuai prosedur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang kelayakan bengkel dan tingkat penerapan K3 terhadap hasil belajar praktik chassis sub bahasan sistem kemudi siswa kelas XII TKR SMK 2 PSM Takeran.

Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional serta regresi linier ganda. Teknik sampling yang digunakan pada penelitin ini yaitu sensus, dalam penelitian ini terdapat dua instrumen yaitu instrumen hasil belajar praktik perawatan chasis sub bahasan sistem kemudi berupa soal tes dan instrumen persepsi siswa tentang kelayakan bengkel dan tingkat penerapan K3 yang berupa angket yang sudah divalidasi oleh expert judgement dan diuji validitas butir-butis instrumennya. Dalam melakukan perhitungan-perhitungan statistik, peneliti akan dibantu dengan menggunakan aplikasi SPSS.

Hasil penelitian ini adalah (1) Persepsi siswa tentang kelayakan bengkel mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar praktik pemeliharaan chassis sub bahasan sistem kemudi siswa kelas XII TKR SMK PSM 2 Takeran (2) Persepsi siswa tentang tingkat penerapan K3 mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar praktik pemeliharaan chassis sub bahasan sistem kemudi siswa kelas XII TKR SMK PSM 2 Takeran, (3) Persepsi siswa tentang kelayakan bengkel dan tingkat penerapan K3 mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar praktik chassis sub bahasan sistem kemudi siswa kelas XII TKR SMK PSM 2 Takeran.

Kata kunci : persepsi siswa, kelayakan bengkel, keselamatan dan kesehatan kerja, hasil belajar

Published
2019-05-14
Section
Articles
Abstract Views: 63
PDF Downloads: 79