INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TERBARU KENDARAAN MELALUI BROSUR BERBANTUAN MEDIA ONLINE SEBAGAI ALTERNATIF MENGATASI KETERBATASAN SARANA BELAJAR MAHASISWA

  • MOCH RIZKY BACHTIAR
  • FIRMAN YASA UTAMA

Abstract

Sarana belajar mahasiswa yang dimiliki bengkel otomotif Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik UNESA masih terjadi kurang sinkron antara kondisi di kampus dengan kondisi teknologi kendaraan yang berkembang saat ini. Di sisi lain, dengan membaca spesifikasi roda dua maupun roda empat yang terdapat pada brosur kendaraan, kita akan mengetahui informasi teknologi terbaru yang digunakan. Dari permasalahan dan kondisi yang ada, peneliti membuat media pembelajaran yang diintegrasikan dari brosur kendaraan dan berbantuan media online berupa modul ajar yang berjudul “Perkembangan Teknologi Otomotif (Sistem Rem, Sistem Transmisi, dan Sistem Kemudi)” sebagai penunjang agar proses pembelajaran lebih efektif dan mampu menjadi alternatif dalam mengatasi keterbatasan sarana belajar mahasiswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D (four D model) yang terdiri dari 4 tahapan yaitu: (1) penetapan (Define), (2) perancangan (Design), (3) pengembangan (Develop), dan (4) penyebaran (Disseminate). Pada penelitian ini, hanya sampai pada tahap ke 3 (Develop). Subyek penelitian yaitu mahasiswa D3 Teknik Mesin yang mengikuti Mata Kuliah Konstruksi dan Stabilitas Kendaraan. Instrumen penelitian digunakan untuk mengumpulkan data berupa lembar angket validasi modul dan lembar angket respon mahasiswa. Hasil rekapitulasi validasi dosen-dosen ahli menyatakan modul ajar Perkembangan Teknologi Otomotif sangat layak yaitu sebesar 3,47 atau 87%. Respon mahasiswa setelah menggunakan modul pengembangan yaitu sebesar 89,8% dengan kategori sangat baik. Maka dapat disimpulkan bahwa modul ajar yang dikembangkan sangat layak dan dapat digunakan dalam perkuliahan Konstruksi dan Stabilitas Kendaraan.

Kata kunci: Brosur Kendaraan, Modul Ajar, Model Pengembangan 4-D, Validasi, dan Respon Mahasiswa
Published
2019-05-22
Section
Articles
Abstract Views: 63
PDF Downloads: 329