PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PDTO KELAS X TKR 1 DI SMK NEGERI 3 JOMBANG

  • MUHAMMAD ICHSAN KHOFI
  • DEWANTO

Abstract

Berdasarkan hasil refleksi yang dilakukan peneliti dan guru di kelas X TKR 1 SMK Negeri 3 Jombang diperoleh hasil bahwa keaktifan siswa rendah dan hasil belajar kurang memuaskan. Solusi dari permasalahan tersebut yaitu perlu diterapkannya inovasi model pembelajaran agar permasalahan tersebut dapat terselesaikan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran siswa kelas X TKR 1 di SMK Negeri 3 Jombang pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif (PDTO) dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan alur penelitian yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Variabel yang diteliti yaitu keaktifan dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data untuk mencari keaktifan siswa dengan mengggunakan lembar angket dan lembar pedoman observasi, sedangkan untuk hasil belajar berupa tes yang memilki tiga aspek yaitu aspek afektif, kognitif, dan psikomotor. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis data penelitian deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) keterlaksanaan model pembelajaran make a match terlaksana sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran pada RPP; 2) Keaktifan siswa meningkat selama proses pembelajaran; dan 3) Hasil belajar siswa kelas X TKR 1 di SMK Negeri 3 Jombang mengalami peningkatan di atas nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM).

Kata Kunci: Make A Match, Keaktifan Siswa, Hasil Belajar




Published
2019-06-17
Section
Articles
Abstract Views: 60
PDF Downloads: 36