PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL AUTODESK INVENTOR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR, KEMAMPUAN KOMUNIKASI, DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TMI PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK DI SMK NEGERI 1 JATIREJO-MOJOKERTO

  • MOHAMMAD ALLIFUDIN SYARIF
  • DEWANTO

Abstract

Kurikulum 2013 mengisyaratkan seorang guru harus menerapkan pembelajaran dengan pendekatan saintifik yang mengandung 5M (Mengamati, Menanya, Mencoba, Menalar, dan Mengkomunikasikan). Namun di SMK Negeri 1 Jatirejo masih dijumpai beberapa kekurangan baik ditinjau dari motivasi belajar yang rendah, minimnya kemampuan komunikasi siswa, dan hasil belajar siswa yang masih di bawah KKM. Oleh karena itu dilakukan upaya perbaikan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif NHT dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran NHT menggunakan media visual Inventor terhadap motivasi belajar siswa, kemampuan komunikasi siswa baik verbal maupun non-verbal dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode True eksperimental design dengan jenis penilitian Posttest Only Control Design dengan melakukan beberapa tahap pengujian diantaranya uji normalitas dan uji homogenitas sebagai uji prasyarat analisis dan uji t-test untuk mengetahui pengaruh setelah diberikan perlakuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh terhadap motivasi belajar, kemampuan komunikasi siswa baik verbal maupun non-verbal, dan hasil belajar siswa meliputi ranah kognitif, afektif, dan psikomotor dengan diterapkannya model pembelajaran NHT dengan bantuan media visual inventor. Hal tersebut ditunjukkan dengan harga t-hitung semua aspek lebih besar dari t tabel antara kelas kontrol dan kelas eksperimen.

Kata kunci: NHT, Autodesk Inventor, motivasi belajar, Kemampuan komunikasi, dan Hasil belajar


Published
2019-06-19
Section
Articles
Abstract Views: 55
PDF Downloads: 69