PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN MEDIA ADOBE FLASH PROFESSIONAL CS6 PADA MATA PELAJARAN DASAR PERANCANGAN TEKNIK MESIN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 10 TMI DI SMK NEGERI 1 JATIREJO – MOJOKERTO

  • FENZI KIANI RAMADHANI
  • DEWANTO

Abstract

Berdasarkan hasil refleksi yang dilakukan oleh peneliti dan guru di SMKN 1 Jatirejo didapatkan bahwa proses pembelajaran dengan model yang kurang efektif dapat menyebabkan respon siswa pasif sehingga hasil belajar siswa banyak yang belum tuntas. Dari permasalahan tersebut solusi yang dibutuhkan adalah penerapan model pembelajaran yang berpusat pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menigkatkan kualitas pembelajaran dari segi efektivitas pembelajaran, respon siswa, dan hasil belajar menggunakan model pembelajaran STAD berbantuan media Adobe Flash Professional CS6 untuk mempermudah penyampaian materi dalam bentuk animasi dan video interaktif. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang diterapkan pada kelas X TMI 1 pada mata pelajaran Dasar Perancangan Teknik Mesin. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, angket dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pada efektivitas pembelajaran mendapatkan hasil dengan kategori sangat efektif, respon menunjukkan hasil dengan kategori sangat baik, dan hasil belajar siswa menunjukkan ketuntasan klasikal sebanyak 28 siswa hasil belajarnya tuntas.

Kata kunci: STAD, Efektivitas Pembelajaran, Respon Siswa, Hasil belajar
Published
2019-06-19
Section
Articles
Abstract Views: 55
PDF Downloads: 52