PENERAPAN MODUL PEMBELAJARAN TRAINER SISTEM PENERANGAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KELISTRIKAN OTOMOTIF SISWA KELAS XII TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK RADEN PATAH MOJOKERTO

  • ADI PRIBOWO
  • I MADE MULIATNA

Abstract

ABSTRAK

PENERAPAN MODUL PEMBELAJARAN TRAINER SISTEM PENERANGAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KELISTRIKAN OTOMOTIF SISWA KELAS XII TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK RADEN PATAH MOJOKERTO

Nama : Adi Pribowo

NIM : 13050524014

Program Studi : S1 Pendidikan Teknik Mesin

Jurusan : Teknik Mesin

Fakultas : Teknik

Lembaga : Universitas Negeri Surabaya

Dosen Pembimbing : Drs. I Made Muliatna, M.Kes.

Penelitian Tindakan Kelas ini didasari rendahnya aktivitas siswa, hasil belajar, dan respon siswa terhadap model pembelajaran konvesional. Tujuan dari penelitian ini antara lain adalah (1) mengetahui hasil belajar siswa kelas XII TKR pada mata pelajaran Kelistrikan Otomotif menggunakan modul dengan model pembelajaran kooperatiff tipe Team Assisted Individualization (TAI), dan (2) mengetahui bagaimana respon siswa pada mata pelajaran Kelistrikan Otomotif terhdap model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI).

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model pembelajaran kooperatif tipe TAI, subyek penelitian peserta didik kelas XII TKR SMK Raden Patah yang berjumlah 26 peserta didik dan objek penelitian yang berupa model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI). Variabel-variabel dalam penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik, respon peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan angket yang diaplikasikan dalam bentuk instrumen penelitian.

Hasil penelitian yaitu meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik pada siklus I sebesar 69,23% dan pada Siklus II sebesar 80,76%. Dan respon peserta didik terhadap model pembelajaran team assisted Individualization (TAI) sebesar 79,32%.

Kata Kunci : " Team Assisted Individualization, hasil belajar, respon siswa ".

Published
2019-06-20
Section
Articles
Abstract Views: 100
PDF Downloads: 187