PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKNIK LAS SMAW POSISI 1G-4G BERBANTUAN VIDEO ANIMASI GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 1 KALITENGAH LAMONGAN

  • RICHA MERDECHAWATY
  • YUNUS

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkanmedia pembelajaran teknik pengelasan berbantuan video animasi yang memenuhi kriteria valid dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Teknik Pemesinan di SMK Negeri 1 Kalitengah Lamongan.

Prosedur pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE dengan tahapan sebagai berikut : (1) Analisis, (2) Desain atau rancangan, (3) Pengembangan, (4) Implementasi dan (5) Evaluasi. Pengumpulan data kelayakan media pembelajaran menggunakan angket sedangkan pengumpulan data efektifitas untuk meningkatkan hasil belajar menggunakan pretest dan posttest.

Hasil penelitian ini telah berhasil mengembangkan media pembelajaran teknik las SMAW posisi 1G-4G berbantuan video animasi. Media pembelajaran berdasarkan skala likert termasuk dalam kategori sangat layak sehingga media layak digunakan.Sedangkan berdasarkan kriteria keefektifan media termasuk dalam kategoti efektif, dan interpretasi N-Gain Score dapat dinyatakan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa yang termasuk dalam kategori sedang.

Kata Kunci : Pengembangan, Model Pembelajaran, Teknik Pengelasan, Valid, Hasil Belajar



Published
2019-06-24
Section
Articles
Abstract Views: 143
PDF Downloads: 150