PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI MEKANIK KELAS X TPM SMK NEGERI 2 SURABAYA

  • ANDRIK SUGIANTORO
  • BUDIHARDJO ACHMADI HASYIM

Abstract

Abstrak

Guru memiliki beberapa kendala dalam menciptakan suasana belajar yang kondusif dan menyenangkan. Penyampaian materi yang cenderung monoton karena model pembelajaran yang digunakan kurang efektif sehingga respon siswa kurang baik dalam menerima pelajaran. Dari masalah tersebut maka diterapkanlah model pembelajaran Team Assisted Individualization untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran Team assisted Individualization.Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif antara guru mata pelajaran Teknologi Mekanik dan peneliti. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TPM SMK Negeri 2 Surabaya tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 32 siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Team assisted Individualization dapat : (1) meningkatkan aktivitas siswa ; (2) respon siswa sangat mendukung ; (3) hasil belajar dari siklus 1 ke siklus 2 meningkat dan memenuhi target KKM >75.Kata kunci: Model Pembelajaran Team Assisted Individualization, Aktivitas Siswa, Respon siswa, dan Hasil Belajar AbstractTeachers have some constraints in creating a conducive atmosphere of learning and fun. The deliverying of material that tends to be monotonous because the learning model used less effective so that student response is less good in receiving lessons. The problem of diterapkanlah models of learning Team Assisted Individualization (TAI) to improve student learning outcomes. This research aims to know the increase in activity and student learning outcomes after learning model applied to Team assisted Individualization.This study uses the Classroom Action Research (CAR) method which is carried out collaboratively between the Mechanical Technology subject teachers and researchers. The subjects in this study were students of class X TPM SMK 2 Surabaya academic year 2018/2019 which amounted to 32 students. The results of this study indicate that the application of a learning model assisted individualization team can: (1) increase student activity; (2) student responses are very supportive; (3) learning outcomes from cycle 1 to cycle 2 increase and meet the KKM target> 75.Keywords: models of learning Team Assisted Individualization, Student Activities,student response, and the results of the Study
Published
2019-07-01
Section
Articles
Abstract Views: 35
PDF Downloads: 43