PENINGKATAN KOMPETENSI PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING PADA MATERI PENDIDIKAN DASAR TEKNIK MESIN KELAS X TPM 1 DI SMKN 1 JETIS MOJOKERTO

  • FAISHOL AGUS ARIFIN
  • WAHYU DWI KURNIAWAN

Abstract

Abstrak

Latar belakang penelitian ini adalah kebanyakan siswa kurang antusias dalam mengikuti proses belajar mengajar untuk pelajaran pendidikan dasar teknik mesin yang sedang berlangsung, terutama jika guru didalam kelas menyampaikan suatu materi hanya menggunakan metode konvensional seperti metode ceramah ketika membawakan suatu materi dan menempatkan siswa sebagai objek yang pasif. Siswa menjadi bosan dan pelajaran menjadi kurang efektif. Maka penelitian yang nantinya akan dilakukan adalah dengan menggunakan Model Pembelajaran Problem Posing untuk peningkatan kompetensi, aktivitas dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 1 Jetis Mojokerto. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi : Lembar Pengamatan Aktivitas Kelas, Lembar Penilaian Berfikir Kritis, Lembar Tes meliputi Kognitif, Psikomotor, dan Angket Respon. Analisis data dilakukan untuk mengetahui hasil belajar siswa didalam kelas ketika melaksanakan kegiatan Model Pembelajaran Problem Posing untuk pelajaran Pendidikan Dasar Teknik Mesin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran problem posing dapat meningkatkan aktivitas siswa dan Hasil belajar pendidikan dasar teknik mesin siswa. Hal ini ditunjukkan dengan presentase aktivitas belajar siswa dikelas siklus I sebesar 71,38% kategori “baik “dan siklus II sebesar 82,49% kategori “sangat baik”. Aktivitas siswa dibengkel siklus I sebesar 76,69% kategori “baik “dan siklus II sebesar 80,19% kategori “sangat baik”. Hasil belajar kognitif dengan persentase siswa tuntas siklus I sebesar 57,21% kategori “sedang” dan siklus II sebesar 79,27% kategori “baik”. Hasil belajar psikomotor dengan presentase siswa tuntas siklus I sebesar 40,90% kategori “sedang” dan siklus II sebesar 91,41% kategori “sangat baik”. Hasil peningkatan berfikir kritis siswa sebesar 0,66% kategori “sedang”. Hasil respon siswa selama pembelajaran sebesar 77,58% dengan kategori “baik”.

Kata Kunci: Pembelajaran Problem Posing, Aktivitas Kelas, Berfikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa.




Published
2019-07-01
Section
Articles
Abstract Views: 36
PDF Downloads: 17