PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI DASAR OTOMOTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TKR 1 DI SMKN 1 SINGGAHAN TUBAN

  • FAISAL ANAS KUNESA
  • I MADE ARSANA

Abstract

Salah satu Penyebab rendahnya hasil belajar siswa adalah kurang varitaifnya model pembelajaran yang dilakukan oleh tenaga pengajar, sehingga muncul rasa bosan yang dirasakan siswa terhadap proses belajar mengajar. Untuk itu diperlukan suatu model pembelajaran yang lebih variatif untuk mendorong minat siswa agar tertarik dengan yang disampaikan oleh tenaga pengajar. Pembelajaran koorperatif merupakan pendekatan pembelajaran melalui penggunaan kelompok kecil siswa untuk bekerja sama dalam memaksimalkan kondisi belajar dalam mencapai tujuan belajar.Pembelajaran kooperatif didasarkan pada gagasan atau pemikiran bahwa siswa bekerja bersama-sama dalam belajar, dan bertanggung jawab terhadap aktivitas belajar kelompok mereka seperti terhadap diri mereka sendiri.Model yang diangkat dalam penilitian ini adalah model pembelajaran Think Pair Share yang dimana diharapkan mampu untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan kolaborasi antar siswa. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindak Kelas Penelitian ini dilakukan dengan model siklus dari Kemming dan Taggart yang menggunakan dua siklus yang setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu : Tahap Perancanaan Tindakan, Tahap Pelaksanaan Tindakan, Tahap Pengamatan Tindakan, dan Tahap Refleksi.. Hasil validasi perangkat pembelajaran yang digunakan penelitian meliputi RPP,Silabus dan Butir Soal bisa dikategorikan layak digunakan. Hasil penelitian menunjukan model pembelajaran Think-Pair-Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan ketuntasan klasikal sebesar 54% pada siklus I, dan 82,85 % pada Siklus II sehingga masuk kategori baik, sedangkan persentase kemampuan kolaborasi siswa sebesar 52,92% pada siklus I, dan 76,42 %pada Siklus II dan dapat dikategorikan baik Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think-Pair-Share terbukti dapat meningkatkan hasil belajar dan kemampuan kolaborasi siswa khususnya pada kelas X TKRO 1 yang berjumlah 35 siswa di Sekolah SMKN 1 Singgahan,Tuban






Published
2019-07-17
Section
Articles
Abstract Views: 66
PDF Downloads: 35