PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TKR 2 SMKK ST. LOUIS SURABAYA PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK

  • MOHAMAD HILDA A
  • DJOKO SUWITO

Abstract

Abstrak

Berdasarkan hasil refleksi yang dilakukan peneliti bersama guru pendamping, diperoleh data rendahnya aktivitas belajar dan hasil belajar siswa, mengingat pentingnya mata pelajaran gambar teknik sebagai dasar pengetahuan siswa SMK. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Problem Solving. Jenis dan desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan model pembelajaran problem solving. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKR 2 SMK Katolik St. Louis Surabaya berjumlah 30 siswa. Analisis hasil belajar siswa untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada siklus kedua, analisis aktivitas siswa menggunakan angket yang diisi oleh pengamat dari guru SMK Katolik St. Louis Surabaya. Hasil penelitian ini adalah: 1) Aktivitas belajar positif siswa meningkat menjadi 76,5% berkategori baik, dan aktivitas belajar negatif siswa menurun hingga mencapai 7,5% berkategori sangat baik. ; 2) Hasil belajar siswa mengalami peningkatan hingga mencapai 83,3%, yang mana sudah memenuhi target yang tercantum pada indikator keberhasilan. Peneliti mengemukakan masih terdapat beberapa kekurangan dalam penelitian ini, diharapkan bagi peneliti lain kekurangan ini nantinya dapat dijadikan bahan rujukan untuk melakukan penelitian selanjutnya.

Kata kunci : Problem Solving, Hasil Belajar Siswa, Aktivitas Siswa

Published
2019-07-18
Section
Articles
Abstract Views: 53
PDF Downloads: 30