IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN AUTOCAD 2D DI KELAS XI TPM 1 SMK PGRI 1 GRESIK

  • SURYA PRIMA ABADI
  • DJOKO SUWITO

Abstract

Model Pembelajaran Konvensional yang diterapkan pada mata pelajaran AutoCAD 2D dirasa sangat monoton sehingga tujuan pembelajaran yang diharapkan belum tercapai. Sehingga dalam penelitian ini, peneliti menerapkan inovasi model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD). Tujuan penelitian ini antara lain (1) Menganalisa perubahan aktivitas siswa setelah diterapkan model pembelajaran STAD, dan (2) Mengetahui hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran STAD pada pelajaran AutoCAD 2D.Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Quasi Experimental Design. Penelitian dilakukan di SMK PGRI 1 Gresik. Subjek penelitiaan adalah siswa kelas XI TPM 1 SMK PGRI 1 Gresik sebagai kelas eksperimen dan XI TPM 2 SMK PGRI 1 Gresik sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dengan menggunakan skala Likert kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan statistik parametis. Keterlaksanaan pembelajaran dikatakan berjalan efektif apabila rata-rata hasil pengamatan minimal berkriteria baik dan respon siswa dengan tanggapan minimal berkriteria baik. Evaluasi peningkatan hasil belajar dengan mengadakan tes hasil belajar. Instrumen pengumpulan data berupa soal tes dengan membandingkan nilai rata-rata pretest dan posttest serta melakukan Uji-T untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol.Hasil penelitian ini yaitu meningkatnya aktivitas siswa yang dikategorikan sangat baik dengan selisih peningkatan 2,24 %. Serta meningkatnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran AutoCAD 2D yang menerapkan model pembelajaran STAD dengan selisih 8,9 lebih tinggi.

Kata kunci: STAD, Quasi Experimental, aktivitas, hasil pembelajaran.
Published
2019-07-23
Section
Articles
Abstract Views: 40
PDF Downloads: 34