PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING BY DOING TIPE DORA (DOING, OBSERVATION, REFLECTION, APLICATION) PADA MATERI ALAT UKUR MEKANIK PRESISI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PERMESINAN DI SMK NEGERI 1 SARIREJO

Authors

  • MUHAMAD AWALUDDIN
  • SOERYANTO

Abstract

Model Learning by Doing merupakan suatu rangkaian kegiatan belajar yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan dan keterampilan siswa untuk mencari dan mengetahui secara sistematis, kritis dan logis, analitis, dan mereka dapat merumuskan penemuan dan pengalamaya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, respon siswa dalam menggunakan model pembelajaran learning by doing dan peningkatan hasil belajar siswa pada materi alat ukur mekanik presisi pada kelas X program keahlian teknik permesinan di SMK Negeri 1 Sarirejo. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-experimen design yang membandingkan antara hasil Pre-Test dan Posttest dengan menggunakan model pembelajaran Learning by doing. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X program keahlian teknik permesinan di SMK Negeri 1 Sarirejo tahun ajaran 2018/2019 dengan sampel berjumlah 19 siswa. Data penelitian ini adalah beberapa hasil Pre-test dan Post-test hasil belajar siswa, lembar keterlaksaan pembelajaran Learning by Doing dan angket respon siswa. Sampel berdistribusi normal. data perhitungan hasil belajar siswa yang diajarkan setelah menggunakan model pembelejaran Learning by Doing sangat berpengaruh terhadap hasil belajar dengan ketercapaian presentase 21,05 % menjadi 84,2% dari presentase tersebut dapat dilihat bawha peningkatan hasil belajar sangat signifikan karena mencapai 63,15%. Hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Learning by Doing lebih baik dan mengalami peningkatan. Kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajran Lerarning by Doing pada materi alat ukur mekanik presisi terlaksana dengan sangat baik dengan presentase rata-rata 90,58% dari hasil observasi pengamat terhadap peneliti. Penerapan model pembelajaran Learning by Doing mendapatkan respon yang sangat baik dan kuat dari siswa dengan hasil presentase mencapai 86% dengan kategori sangat baik.

Kata kunci: Model Pembelajaran Learning by Doing, Alat Ukur, Hasil Belajar Siswa

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-07-30

Issue

Section

Articles
Abstract views: 896 , PDF Downloads: 1327