PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN THERMAL RADIATION UNTUK MENUNJANG PERKULIAHAN PERPINDAHAN PANAS MAHASISWA D3 TEKNIK MESIN FT UNESA

  • Moch. Saiful Huda S1 Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya
  • I Made Arsana Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Keywords, Module Development, Learning Module Thermal Radiation, Learning Quality, Learning Achievement.

Abstract

Abstrak
Proses pembelajaran mata kuliah Perpindahan panas pada pokok bahasan radiasi termal yang telah ada masih bersifat klasikal dan konvensional. Pemahaman mahasiswa masih bersifat abstrak dan teori, oleh karena itu untuk membantu pemahaman mahasiswa, maka peneliti mencoba untuk membuat modul pembelajaran thermal radiation yang dilengkapi dengan media trainer, sehingga kemampuan dan keterampilan psikomotor mahasiswa dapat terlatih dengan baik.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada pengembangan model 4-D yang terdiri dari tahap penetapan (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop) dan tahap penyebaran (desseminate). Subyek penelitian ini adalah mahasiswa Teknik Mesin FT Unesa program studi D3 Teknik Mesin yang telah memprogram mata kuliah Perpindahan panas. Instrumen penelitian yang digunakan ialah lembar validasi modul, tes ketuntasan hasil belajar, dan angket respon mahasiswa. Data hasil penelitian yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif.
Dari hasil penelitian ditunjukkan bahwa modul pembelajaran thermal radiation yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran mata kuliah Perpindahan panas. Hal ini dapat dilihat dari hasil validasi modul oleh dosen ahli bidang materi, desain, dan bahasa dengan nilai total rata-rata sebesar 3,26 (hasil validasi termasuk kategori baik). Selain itu, hasil dari tes ketuntasan hasil belajar uji coba kelas terbatas dari 10 mahasiswa menunjukkan ketercapaian ketuntasan belajar sebesar 100% setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan modul pembelajaran thermal radiation dengan nilai terendah 83 dan nilai tertinggi 90. Serta diketahui respon mahasiswa terhadap penggunaan modul pembelajaran thermal radiation mendapat respon yang baik. Hal ini diketahui dari jawaban pertanyaan poin 1: 100% menarik; poin 2: 90% menarik; poin 3: 80% menarik; poin 4: 100% menarik; poin 5: 100% ya; poin 6: 90% ya; poin 7: 90% ya; poin 8: 90% ya.
Kata kunci: Pengembangan Modul, Modul Pembelajaran Thermal Radiation, Kualitas Pembelajaran, Prestasi Belajar.
Abstract
The process of heat transfer learning courses on the subject of thermal radiation that has been there still are classical and conventional. Understanding of the students still are abstract and theoretical, therefore to help students' understanding, the researchers tried to create learning modules equipped with thermal radiation media trainer, so that students psychomotor skills and abilities can be trained well.
The method used in this study refers to the 4-D model development comprising the step of define, stage of design, stage of development, and stage of desseminate. The subjects of this study were students of Mechanical Engineering FT Unesa D3 Mechanical Engineering courses that have been reprogrammed heat transfer courses. Instruments used in this study is the validation module sheet, test mastery of learning outcomes and student questionnaire responses. Research data were analyzed by quantitative descriptive analysis techniques.
From the results of the study indicated that the learning modules are developed viable thermal radiation used in the heat transfer learning courses. It can be seen from the results of the validation module by expert lecturers field of contents, design, and language with an average total score of 3.26 (validation results including both categories). In addition, the results of the test completeness learning outcomes trials limited class of 10 students showed mastery learning achievement of 100% after participating in learning by using a learning module thermal radiation with the lowest value and highest value 83 90. As well known to the response of students to use the learning module thermal radiation received good response. It is known from the answer to question 1 points: 100% interesting; 2 points: 90% attractive; 3 points: 80% attractive; 4 points: 100% interesting; 5 points: 100% yes; points 6: 90% yes; points 7 : 90% yes; points 8: 90% yes.
Keywords: Module Development, Learning Module Thermal Radiation, Learning Quality, Learning Achievement.
Published
2013-07-26
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 11
PDF Downloads: 95