PENGEMBANGAN MEDIA TRAINER SISTEM PENGAPIAN CDI UNTUK MENINGKATKAN KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MATA DIKLAT MELAKUKAN PERBAIKAN SISTEM PENGAPIAN SISWA KELAS XII TSM DI SMK NEGERI 1 NGANJUK

  • Wahyu Lasminto S1 Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya
  • I Made Arsana S1 Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Keywords, Development, Media, Trainer, Effective.

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu media trainer sistem pengapian CDI , yang layak
untuk diterapkan pada Mata Diklat Melakukan Perbaikan Sistem Pengapian dan membuktikan bahwa
dengan trainer sistem pengapian CDI dapat meningkatkan keefektifan proses pembelajaran pada Mata
Diklat Melakukan Perbaikan Sistem Pengapian di SMK Negeri 1 Nganjuk.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang berpedoman pada model pengembangan four D
models (4D Model), yang telah dikembangkan oleh Thiagarajan, Semmel, dan Semmel (Trianto,
2008:102). Penelitian pengembangan ini melalui 4 tahapan yang terdiri dari definisi, desain,
pengembangan dan penyebaran. Kelayakan dari media trainer sistem pengapian CDI tergantung pada
validasi oleh 1 dosen ahli dari Jurusan Teknik Mesin, Universitas Negeri Surabaya dan 2 guru ahli dari
Program Keahlian Teknik Sepeda Motor, SMK Negeri 1 Nganjuk. Keefektifan pembelajaran dilihat dari
respon siswa, observasi dan hasil belajar siswa, untuk mengetahui respon siswa melibatkan 10 siswa (uji
coba terbatas) dan 30 siswa (uji penyebaran). Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket validasi
oleh dosen ahli dan guru ahli, angket respon siswa, observasi dan tes hasil belajar siswa. Analisis data
dilakukan untuk mengetahui tingkat kelayakan dan keefektifan Trainer Sistem Pengapian CDI yang
dikembangkan.
Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa trainer Sistem Pengapian CDI yang dikembangkan,
layak digunakan sebagai media pembelajaran pada pelajaran Melakukan Perbaikan Sistem Pengapian di
SMK Negeri 1 Nganjuk.. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil validasi yang dilakukan oleh dosen ahli
sebesar 85,42% dan guru ahli sebesar 97,32% yang termasuk kategori sangat layak. Pada hasil penelitian
juga membuktikan bahwa dengan menggunakan trainer Sistem Pengapian CDI dapat mengefektifkan
pembelajaran, karena (1) mendapatkan respon positif dari siswa yaitu sebesar 87,00%, (2) meningkatkan
aktivitas siswa yaitu dari 36% (tanpa menggunakan trainer) menjadi 49,33% (dengan menggunakan
trainer) atau terdapat peningkatan aktivitas siswa sebesar 13,33%, (3) meningkatkan persentase
ketuntasan belajar siswa dari 60% (tanpa menggunakan trainer) menjadi 100% (dengan menggunakan
trainer), atau terdapat peningkatan sebesar 40%.
Kata Kunci : Pengembangan, Media, Trainer, Efektif.
Abstract
This study aims to develop a media of CDI ignition system trainer, which is feasible to apply the lessons
Ignition System Repairs and prove that the trainer CDI ignition system can improve the effectiveness of
learning in lessons Ignition System Repairs In State Vocational High School 1 Nganjuk.
This research is the development of a model of development based on the four D models (Model 4D),
which has been developed by Thiagarajan, Semmel and Semmel (Trianto, 2008:102). Research
development, there are 4 stages of Define, Design, Develop and Disseminate. Feasibility of media CDI
ignition system trainer depends on validation by 1 expert lecturer from the Department of Mechanical
Engineering, State University of Surabaya and 2 expert teachers from the Motorcycle Technical Skills
Program, State Vocational High School 1 Nganjuk. While the views of the effectiveness of learning from
student responses, observations and student learning outcomes, to study the response of students included
10 students (limited trial) and 30 students (Disseminate test). The research instrument used was a
questionnaire validation by expert lecturer and expert teachers, student questionnaire responses,
observations and tests of student learning outcomes. Data analysis was performed to determine the
feasibility and effectiveness of CDI Ignition System Trainer was developed.
Based on research results, indicated that CDI ignition system trainer developed, worth to used as a media
of learning in lessons Ignition System Repairs in the State Vocational High School 1 Nganjuk. It can be
seen from the results of the validation performed by expert lecturer as much as 85,42% and 97,32% of
expert teachers who are well worth category. On the results of research also proves that using CDI
ignition system trainer learning to be effective, due to (1) get a positive response from students that is equal to 87.00%), (2) increasing student activity from 36% (without using a trainer) to 49.33% (using
trainer) or there is an increase of 13.33% student activities, (3) as well as to increase the percentage of
student from 60% (without using a trainer) to 100% (with using a trainer), or there is an increase of 40%.
Keywords: Development, Media, Trainer, Effective.
Published
2013-07-29
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 28
PDF Downloads: 132