Peningkatan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMK Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah

Indonesia

Authors

  • Achmad Mukhdor Universitas Negeri Surabaya
  • Dewanto Dewanto Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Kata Kunci: HOTS, PBL, Assessment.

Abstract

Pada abad 21 yang dibarengi masuknya revolusi industri 4.0, membuat banyak pekerjaan yang dulunya dikerjakan manusia tergantikan oleh mesin, dengan perubahan tersebut perlu adanya perubahan dalam dunia pendidikan agar mencetak SDM yang siap menghadapi industri 4.0. SMK selaku pendidikan menengah dituntut untuk menghasilkan lulusan yang siap kerja dengan kemampuan industri 4.0. Salah satu kemampuan yang dibutuhkan di era revolusi industry 4.0 adalah kemampuan high order thinking skills (HOTS). Penggunaan pembelajaran langsung dengan pendekatan konvensional pada proses pembelajaran membuat siswa pasif dalam proses pembelajaran dan kurangnya assessment HOTS di sekolah-sekolah Indonesia membuat rendahnya HOTS siswa, sehingga perlunya diterapkan model Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan saintifik dan penyusunan assessment HOTS agar  siswa mempunyai kemampuan HOTS. Tujuan artikel gagasan ini adalah apakah betul model PBL dengan pendekatan saintifik mampu meningkatkan HOTS siswa, mengetahui strategi penerapan model PBL dengan pendekatan saintifik, dan cara menyusun sebuah assessment HOTS yang layak pakai. Metode yang digunakan dalam penyusunan artikel ini yaitu studi literatur dengan cara mengumpulkan literatur terkait, selanjutnya data yang telah dikumpulkan dianalisis untuk menjawab permasalahan. Hasil artikel gagasan ini yaitu: Model PBL dengan pendekatan saintifik mampu meningkatkan kemampuan HOTS siswa. Adapun strategi yang perlu diperhatikan dalam penerapan model PBL dengan pendekatan saintifik ialah dibentuknya kelompok yang heterogen, melibatkan siswa pada pembelajaran, guru sebagai fasilitator, permasalahan, dan penggunaan media pembelajaran. assessment HOTS yang layak pakai harus memenuhi langkah-langkah berikut: analisis KD dan IPK, stimulus yang kontekstual dan menarik, tujuan tes,  validasi ahli dan ujicoba produk, dan analisis dan revisi produk.

Kata Kunci: HOTS, PBL, Assessment.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-12-28
Abstract views: 947 , PDF Downloads: 610