Peningkatan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMK Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah

Indonesia

  • Achmad Mukhdor Universitas Negeri Surabaya
  • Dewanto Dewanto Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Kata Kunci: HOTS, PBL, Assessment.

Abstract

Pada abad 21 yang dibarengi masuknya revolusi industri 4.0, membuat banyak pekerjaan yang dulunya dikerjakan manusia tergantikan oleh mesin, dengan perubahan tersebut perlu adanya perubahan dalam dunia pendidikan agar mencetak SDM yang siap menghadapi industri 4.0. SMK selaku pendidikan menengah dituntut untuk menghasilkan lulusan yang siap kerja dengan kemampuan industri 4.0. Salah satu kemampuan yang dibutuhkan di era revolusi industry 4.0 adalah kemampuan high order thinking skills (HOTS). Penggunaan pembelajaran langsung dengan pendekatan konvensional pada proses pembelajaran membuat siswa pasif dalam proses pembelajaran dan kurangnya assessment HOTS di sekolah-sekolah Indonesia membuat rendahnya HOTS siswa, sehingga perlunya diterapkan model Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan saintifik dan penyusunan assessment HOTS agar  siswa mempunyai kemampuan HOTS. Tujuan artikel gagasan ini adalah apakah betul model PBL dengan pendekatan saintifik mampu meningkatkan HOTS siswa, mengetahui strategi penerapan model PBL dengan pendekatan saintifik, dan cara menyusun sebuah assessment HOTS yang layak pakai. Metode yang digunakan dalam penyusunan artikel ini yaitu studi literatur dengan cara mengumpulkan literatur terkait, selanjutnya data yang telah dikumpulkan dianalisis untuk menjawab permasalahan. Hasil artikel gagasan ini yaitu: Model PBL dengan pendekatan saintifik mampu meningkatkan kemampuan HOTS siswa. Adapun strategi yang perlu diperhatikan dalam penerapan model PBL dengan pendekatan saintifik ialah dibentuknya kelompok yang heterogen, melibatkan siswa pada pembelajaran, guru sebagai fasilitator, permasalahan, dan penggunaan media pembelajaran. assessment HOTS yang layak pakai harus memenuhi langkah-langkah berikut: analisis KD dan IPK, stimulus yang kontekstual dan menarik, tujuan tes,  validasi ahli dan ujicoba produk, dan analisis dan revisi produk.

Kata Kunci: HOTS, PBL, Assessment.

References

Amir, M. T. (2009). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based learning (1st ed.). Kencana.

Apandi, I. (n.d.). Guru dan Implementasi Pendekatan Saintifik dalam PembelajaranGuru dan Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran. Www.Kompasiana.Com. Retrieved June 3, 2020, from https://www.kompasiana.com/idrisapandi/5bca01f6677ffb1af9055c47/penguatan-kemampuan-guru-dalam-implementasi-pendekatan-saintifik-dalam-pembelajaran?page=all%0D

Arsana, I. M., Susila, I. W., Hidayatullah, R. S., & Ariyanto, S. R. (2019). Implementation of Troubleshooting Teaching Method to Develop Student’s Competency in Conducting Motorcycle Tune-up. Journal of Physics: Conference Series, 1387(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1387/1/012096

Arsana, I Made, Ariyanto, S. R., & Wibisono, H. G. (2019). Implementation of Problem-Based Learning Models Supported by Trainer Radiator Module for Heat Transfer Learning. Jurnal Taman Vokasi, 7(2), 226–231.

Az-zahra, W., & Arsal, A. F. U. N. M. (2019). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik Yang Dibelajarkan Dengan Model Problem-Based Learning Pada Pembelajar Biologi Di Sekolah Menengah Atas. 1–11.

Dewanto, & Septianggraini, dinda hasna. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Menggunakan Soal Higher Order Thinking Skills (Hots) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Tpm 2 Pada Mata Pelajaran Dptm Di Smk Dharma Bahari Surabaya. JPTM, 8(2), 37–34. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-mesin/article/view/27948

Dhini, M. S., Sunarti, I., & Riadi, B. (2019). Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill) Teks Deskripsi SMP Kelas VII. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya), 53(9), 1–30. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Flamboyant, F. U., Murdani, E., & Soeharto, S. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Higher Order Thinking Skills Peserta Didik SMA Negeri di Kota Singkawang pada Materi Hukum Archimedes. Variabel, 1(2), 51. https://doi.org/10.26737/var.v1i2.810

Hamruni. (2011). Strategi Pembelajaran. Insan Madani.

Kurnianto, B., & Arsana, I. M. (2020). Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Critical Thingking Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Dasar Otomotif Siswa Kelas X Tkr 1 Di Smkn 3 Boyolangu Tulungagung. JPTM, 9(3), 99–107. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-mesin/article/download/35167/31288

Lestari, D. E., Nizaruddin, & Murtianto, Y. H. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Pbl Berbantuan Media Kokami Ditinjau Dari Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Aksioma, 8(2), 68. https://doi.org/10.26877/aks.v8i2.1695

Nikmah, N., Anggraito, Y. U., & Widiatningrum, T. U. (2017). Analisis Keterlaksanaan Problem Based Learning dan Hubungannya dengan Kemampuan Higher Order Thinking Siswa. Journal of Biology Education, 6(3), 248–257. https://doi.org/10.15294/jbe.v6i3.21080

Noma, L. D. U., Prayitno, B. A., & Suwarno. (2016). PBL Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas X SMA. Bioedukasi, 9(2), 62–66. https://doi.org/10.1364/OL.36.003374

Nurhayati, N., & Angraeni, L. I. P. P. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa (Higher Order Thinking) dalam Menyelesaikan Soal Konsep Optika melalui Model Problem Based Learning. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(2), 119–126. https://doi.org/10.21009/1.03201

Oktanisa, L. (2018). Pengembangan Asesmen Soal Berbasis Higher Order Thinking Skills Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 6(3), 355–361. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Ridwan, Jamiah, Y., & Bistari. (2019). Efektivitas model pbl disertai brainstorming pada materi dimensi tiga di smk negeri 3 pontianak.

Royantoro, F., Yusuf, I., & Widyaningsih, S. W. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Higher Order Thinking Skills Peserta Didik. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(3), 371–382. https://doi.org/10.20527/bipf.v6i3.5436

Safari. (2018). Kemampuan Siswa SMA IPA dan IPS Dalam Menjawab Soal HOTS Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Berdasarkan Hasil UN 2017. Indonesian Journal of Educational Assessment P-ISSN, 1(1), 23–34.

Setiawati, W., Asmira, O., Ariyan, Y., Bestary, R., & Pudjiastuti, A. (2019). Buku Penilaian Berorientasi Higer Order Thinkings Skills (HOTS). In Dirjen GTK Kemendikbud (Vol. 53, Issue 9). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Soeryanto, Arsana, I. M., Hidayatullah, R. S., & Ariyanto, S. R. (2020). Analysis of HOTS Type Multiple-choice Test Items on Learning Automotive Electrical Systems in
SMK Dharma Bahari Surabaya. Journal of Physics: Conference Series, 1569(3). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1569/3/032046

Sudarto, J., & Dewanto. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Diklat Memelihara Baterai Kelas X Tkr 1 Smkn 1 Kanor Bojonegoro. JTM, 01(03), 50–55. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-mesin/article/download/2216/1360

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Tyas, R. (2017). Kesulitan penerapan problem based learning dalam pembelajaran matematika. Tecnoscienza, 2(1), 43–52. http://ejournal.kahuripan.ac.id/index.php/TECNOSCIENZA/article/view/26

Wahidmurni. (2018). Pengembangan Penilaian untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS). Workshop Pengembangan Penilaian Kurikulum 13 Bagi Guru-Guru Madrasah Aliyah Negeri Batu, 1–19.

weforum.org. (2016). The 10 skills you need to thrive in the Fourth Industrial Revolution. Www.Weforum.Org. https://www.weforum.org/agenda/2016/01/the-10-skills-you-need-to-thrive-in-the-fourth-industrial-revolution/

Widiawati, L., Joyoatmojo, S., & Sudiyanto. (2018). Higher order thinking skills as effect of problem based learning in the 21st century learning. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 5(3), 96–105.

Yulianti, T., Pramudya, I., & Slamet, I. (2019). Effects of the 21st Century Learning Model and Problem-Based Models on Higher Order Thinking Skill. International Journal of Educational Research Review, 4, 749–755. https://doi.org/10.24331/ijere.629084
Published
2020-12-28
Abstract Views: 862
PDF Downloads: 521