PENGARUH SUDUT CHAMFER MALE – FEMALE DAN TEKANAN GESEK PADA PROSES FRICTION WELDING BAJA KARBON S45C TERHADAP KEKUATAN TARIK DAN STRUKTUR MIKRO

  • Andre Setyawan Al Faruq Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya
  • Akhmad Hafizh Ainur Rasyid Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Friction Welding, Kekuatan Tarik, Struktur Mikro, Sudut Chamfer, Tekanan Gesek.

Abstract

Semakin meningkatnya fenomena kegagalan dalam komponen mesin roll terutama pada komponen as sink roll sehingga menyebabkan kerugian. Kegagalan tersebut disebabkan karena penyambungan komponen as sink roll menggunakan pengelasan SMAW. Namun pengelasan benda pejal lebih tepat menggunakan pengelasan gesek, pengelasan SMAW lebih tepat digunakan untuk benda datar. Pengelasan gesek (friction welding) merupakan proses pengelasan yang menggunakan energi panas akibat dari gesekan dan gaya penekanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh chamfer male-female dan tekanan gesek pada proses friction welding baja karbon S45C terhadap kekuatan tarik dan struktur mikro. Pada penelitian ini dilakukan pengelasan gesek dengan memvariasikan bentuk chamfer male-female 0° dan 30° pada permukaan benda kerja dan memvariasikan tekanan gesek sebesar 1,757 Mpa dan 2,757 Mpa yang dianalisa sifat mekaniknya melalui kekuatan tarik dan struktur mikro. Hasil pengujian tarik menunjukkan bahwa pemberian sudut chamfer male-female dan tekanan gesek dapat meningkatkan hasil kekuatan tarik. Nilai kekuatan tarik tertinggi didapat pada variasi sudut chamfer 30° dan tekanan gesek 2,757 yaitu sebesar 690,576 Mpa. Sedangkan nilai kekuatan tarik terendah didapat pada variasi sudut chamfer 0° dan tekanan gesek 1,757 Mpa yaitu sebesar 549,739 Mpa. Hasil pengujian struktur mikro menunjukkan bahwa pemberian sudut chamfer male-female dan tekanan gesek berpengaruh terhadap struktur mikro. Pada variasi sudut chamfer 30° dan tekanan gesek 2,757 Mpa terdapat fasa ferit yang berukuran kecil dan fasa perlit yang berukuran sangat besar. Sedangkan pada variasi sudut chamfer 0° dan tekanan gesek 1,757 Mpa ditemukan fasa ferit dan perlit yang berukuran sama.

Author Biographies

Andre Setyawan Al Faruq, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya

Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya

Akhmad Hafizh Ainur Rasyid, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya

Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya

References

Amanto, H., dan Daryanto. 1999. Ilmu Bahan. Jakarta: Bumi Aksara.
ASTM E8/E8M, Standard Test Methods for Tension Testing of Mettalic Materials. ASTM International, West Conshocken, PA, 2010
Cahya Sutowo dan Budi Priyono. 2014. Analisa Kegagalan Pada Poros Baja Karbon S45C Aplikasi Komponen As Sink Roll. TM. Volume 23, 1-5.
Dieter, George E. 1986. Metalurgi Mekanik. Edisi 3. Diterjemahkan oleh Sriati Djaprie. Jakarta: Erlangga.
Eko Budi Santoso, Yudy Surya Irawan, dan Endi Sutikno. 2012. Pengaruh Sudut Chamfer dan Gaya Tekan Akhir Terhadap Kekuatan Tarik dan Porositas Sambungan Las Gesek Pada Paduan Al-Mg-Si. Rekayasa Mesin, Vol.3, No.1, 293 – 298.
Hermawan Widi Laksono. 2013. Analisa Hasil Pengelasan Gesek Pada Sambungan Sama Jenis Baja St 60, 937 – 941.
Jack Carol Adolf Pah, Yudy Surya Irawan, dan Wahyono Suprapto. 2018. Pengaruh Waktu Dan Tekanan Gesek Terhadap Kekuatan Tarik Sambungan Paduan Aluminium Dan Baja Karbon Pada Pengelasan Gesek Continuous Drive. Jurnal Rekayasa Mesin, Vol.9, No.1, 51 – 59.
J.W. Elmer and D.D. Kautz, Lawrence Livermore Fundamentals of Friction Welding National Laboratory, Welding, Brazing, and Soldering Was Published in 1983 As Vol.6 Of The ASM Handbook
Kasijanto, Sadar Wahjudi, dan Listiono. 2018. Pengaruh Konfigurasi Sudut Chamfer Male-Female dan Lama Gesek terhadap Karakteristik Hasil Pengelasan dan Kekuatan Tarik Paduan Aluminium 6061. Energi dan Teknologi Manufaktur, Vol.1, No.2, 1 – 8.
Patilima, Hamid. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Alfabeta.
Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumbodo Wirawan dkk. 2008. Teknik Produksi Mesin Industri. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.
UNESA. 2000. Pedoman Penulisan Artikel Jurnal, Surabaya: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Surabaya.
Published
2020-04-21
Abstract Views: 204
PDF Downloads: 0